Pemkot Jakut Ikuti Webinar Tata Kelola Pemerintahan Dalam Perspektif Dynamic Governance

 

WBN l Jakarta Utara – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara mengikuti kegiatan webinar Tata Kelola Pemerintahan Dalam Perspektif Dynamic Governance di Ruang VIP Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Senin (28/12). Kegiatan yang dilakukan secara virtual ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati dalam pembukaan acara mengatakan seharusnya pemerintah harus berusaha memberikan yang terbaik buat masyarakat Jakarta.
“Oleh karena Itu diperlukan suatu perubahan, perbaikan dari tata kelola pemerintahan yang terukur dan berkelanjutan untuk dapat memenuhi harapan masyarakat akan kualitas pelayanan publik yang semakin baik dalam situasi dan kondisi seperti saat ini akibat terjadinya pandemi COVID-19,” katanya.

Sri menambahkan perubahan dan perbaikan yang berkelanjutan terhadap tata kelola pemerintahan di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini merupakan suatu keharusan dan keniscayaan,
“Tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kinerja organisasi atau memperbaiki pelayanan publik semata, tetapi juga sebagai mitra dari seluruh pemangku kepentingan. Mitra strategis pemangku kepentingan ini dimaksudkan untuk dapat menyesuaikan dengan kondisi lingkungan dan tantangan yang selalu berubah dan semakin bertambah baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional,” ucapnya.

Sementara narasumber tata kelola pemerintahan dalam perspektif dynamic governance Prof. Dr. Eko Prasojo mengatakan setiap pemerintahan punya tanggung jawab membangun budaya dan adaptive policy (kebijakan adaptif).
“Jadi ini berlaku untuk semua birokrasi tanpa bergantung pada sifat karakteristik otonomi yang dimiliki oleh Provinsi DKI Jakarta. Memang kalau kami liat tentu otonominya berbeda dengan kabupaten kota yang punya DPRD atau daerah otonom, tetapi sifat karakteristik pemimpin wilayah itu menurut saya sama, dia punya capability (kapasitas), culture (budaya) dan punya adaptive policy (kebijakan adaptif),” tuturnya.

Untuk diketahui, dalam webinar Tata Kelola Pemerintahan Dalam Perspektif Dynamic Governance ini Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Sigit Wijatmoko didampingi oleh Kasubag Pelayanan Publik Novillia Nurhidayati. Reporter l Ahmad FG l