Upacara Hari Amal Bakti ke 75 Institut Agama Islam Negeri Langsa Diwarnai Penyerahan Penghargaan

 

WBN, Kota Langsa,aceh – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menggelar upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia ke 75 yang berlangsung di halaman gedung Rektorat kampus setempat diwarnai dengan penyerahan sejumlah penghargaan, Selasa (05/01/2021).

 

Pelaksanaan upacara berlangsung dengan khitmad serta menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan menggunakan masker.

 

Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA selaku Pembina upacara saat membacakan amanat Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

 

Dalam amanatnya, Menag ingin mengingatkan tentang semangat Kementerian Agama baru dan semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama.

 

Semangat Kementerian Agama baru itu dapat diterjemahkan dengan beberapa kata kunci.

 

Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan.

 

Kedua, penguatan moderasi beragama. Salah satu penekanan moderasi beragama adalah pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan.

 

Ketiga, persaudaraan, yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.

 

“Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya mengajak kita semua mari mengedepankan akal sehat dan hikmah/kebijaksanaan dalam menyikapi berbagai persoalan keumatan dan kebangsaan saat ini maupun di masa-masa yang akan datang,”ucap Rektor.

 

Pada kesempatan itu, Rektor juga menyerahkan sejumlah penghargaan kepada para stakeholder dan dosen, diantaranya kepada anggota DPR RI Komisi V Fraksi PKB H.Ruslan M. Daud atas bantuan revitalisasi rusunawa.

 

Kemudian dilanjutkan untuk Pemerintah Kota Langsa atas dana hibah 1,5 Milyar untuk pengembangan lahan pendidikan dan Ketua Fraksi Partai Aceh Maimul Mahdi, S.Sos atas bantuan pembangunan tempat parkir Bus.

 

Selain itu Rektor juga menyerahkan penghargaan kepada pengelola Jurnal terakreditasi, tiga dosen terbaik dalam komitmen memberikan kuliah daring melalui platform pembelajaran jarak jauh EDLINK tahun 2020 dan penghargaan kepada Prodi yang meraih akreditasi B tahun 2020 jelasnya.(zainal)