Kolam Lele, Inovasi Kodim 0104 Tingkatkan Ekonomi Dayah di Aceh Timur

 

WBN, Aceh Timur – Selain mendukung program ketahanan pangan, inovasi kolam lele bioflok Kodim 0104/Aceh Timur merupakan upaya meningkatkan perekonomian wilayah binaan.

Serda Darlianto yang merupakan utusan dari Kodim 0104/Atim membangun 2 unit kolam lele Bioflok di Dayah Bustanul Huda yang dipimpin oleh Abu Paya Pasi, terletak di Gampong Alue Cek Doi, Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur.

 

Hal tersebut disampaikan Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han), dalam rilis tertulisnya, Jum’at (08-01-2021).

Dikatakan Dandim, penyediaan kolam lele dengan sistem bioflok ini, merupakan salah satu upaya Kodim 0104/Atim untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

 

“Kita buatkan dua unit kolam kepada Dayah Bustanul Huda, untuk dikembangkan dan ditingkatkan perekonomian Dayah ini, ”kata Dandim.

 

“Saat ini, Kolam sudah siap pakai, dan difermentasi airnya oleh Serda Darlianto, dan tinggal menunggu bibit lele dan penyerahan secara simbolis kepada pihak Dayah.

 

Selanjutnya, Dandim juga berharap dengan adanya kolam lele bioflok ini, dapat menjadi sarana menambah pengetahuan dan keterampilan serta menumbuhkan jiwa entrepreneur bagi para santri di Dayah tersebut.

 

“Menjadi bekal ke depan, supaya para santri setamat dari Dayah ini dapat menerapkan kemandirian pangan dalam keluarga dan di masyarakat, ”harapnya.

 

“Dan juga dapat membuka lapangan kerja baru ketika nantinya mereka hidup di tengah-tengah masyarakat, ”lanjutnya.

 

Sementara itu saat dikonfirmasi awak media, Abu Paya Pasi, selaku pimpinan Dayah Bustanul Huda tersebut, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodim 0104/Aceh Timur atas bantuan kolam lele bioflok kepada pondok Dayahnya.

“Kami sangat optimis, dengan bantuan ini akan dapat meningkatkan perekonomian bukan hanya bagi para santri, juga bagi para ustaz di Dayah Bustanul Huda ini, ”pungkasnya.(zainal/Ardi)