Padi IR-36 di Kampung Tangguh Rawa Badak Selatan Dipanen, Sarana Edukasi Warga Perkotaan

 

WBN l Jakarta Utara – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara menggelar Panen Raya Padi jenis IR-36 di Kampung Tangguh Jaya, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Selasa (12/1). Kegiatan merupakan sarana edukasi masyarkat terhadap aktivitas pertanian perkotaan (urban farming) turut hadir dalam kegiatan Panen Raya Camat Koja Ade Himawan, Lurah Rawa Badak Selatan Suhenah, Lurah Tugu Utara Handayani bersama jajaran instansi lainnya.

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan, Panen Raya ini merupakan aktivitas pertanian perkotaan di Ibu Kota Jakarta. Padi yang ditanam di lahan seluas 6×5 meter persegi dipanen sebagai bentuk edukasi masyarakat.

“Hari ini kita panen raya di kawasan RBS. Panen padi sudah kedua kali. Meski tidak terlalu luas, tapi panen padi ini menjadi contoh pertanian perkotaan, bagaimana proses nasi yang kita makan mulai dari menanam, memanen, menjemur, hingga menggiling padi,” kata Ali saat ditemui di Kampung Tangguh Jaya, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, Selasa (10/1).

Tak hanya itu, dijelaskannya aktivitas urban farming ini sekaligus upaya swasembada dalam ketahanan pangan dan gizi masyarakat utamanya di masa pandemi Corona Virus Disease 209 (Covid-19).

Untuk itu, diharapkan kegiatan ini menjadi contoh agar warga memanfaatkan lahan lain yang sebagai upaya swasembada dalam ketahanan pangan dan gizi.

“Jadi lokasi ini memanfaatkan lahan yang tidak terpakai, menjadikannya sebagai urban farming. Ini menjadi contoh apabila ada lahan lain yang dapat dimanfaatkan warga,” tutupnya. Reporter l Ahmad FG l