Penyaluran Bantuan Sosial PKH Tahap I Desa Sindanglaya Cipanas

 

WBN. Cianjur– Desa Sindanglaya Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur, laksanakan pencairan PKH Tahap satu dengan jumlah 299 KPM. Penyaluran bantuan tersebut dilakukan di Aula Desa pada Selasa, (12/01/2021).

 

“Dalam pelaksanaannya kami mematuhi Protokol Kesehatan dan mewajibkan masyarakat untuk menggunakan masker pada saat kegiatan berlangsung.” ucap Mansyur Efendy S.Pd.I selaku pendaping PKH Kecamatan Cipanas mengawali perbincangan.

“Di Tahun ini ada perubahan kebijakan juga, salahsatu contohnya adalah, ketika dari satu keluarga ada tiga orang anggota keluarga Tingkat Sekolah Dasar semua, maka hanya satu anggota keluarga yang mendapatkan bantuan, begitupun tingkat Sekolah Menengah Pertama.” Tambahnya menjelaskan.

 

“Sejauh ini dari jumlah 299 penerima manfaat, sudah tersalurkan uang sebesar 290 juta rupiah.”

 

“Arahan dari Pusat dan Kabupaten untuk adanya graduasi, yang sudah mendapatkan bantuan sejak lama bahkan di wilayah kami ada yang dari tahun 2008 akan diberi pembinaan agar dapat mandiri dan tidak ketergantungan terhadap bantuan pemerintah.”

 

“Dalam Program tahun ini, kami fokus untuk pemberdayaan KPM dan melakukan pertemuan kelompok atau P2K2. Dalam kegiatan pertemuan kelompok merupakan kesempatan bagi kami untuk melakukan percepatan perubahan pola pikir KPM dan kemudian memberikan ilmu tentang bagaimana cara menabung, cara mengelola ekonomi dan lainnya.” ujarnya.

 

“Ada lebih kurang lima modul yang harus disampaikan kepada KPM, sehingga mereka bisa mengelola usaha, mandiri dan tidak bergantung pada bantuan pemerintah lagi.” pungkasnya mengakhiri perbincangan.

(M. Chernawan)