WBN l Sumedang –  Komandan Korem 062/TN Kolonel Inf. Muhamad Muchidin,S.Sos mendampingi Wakil Ketua Komisi VIII DPR-RI yang dipimpin oleh H. Yandri Susanto, S.Pt dan BNPB beserta rombongan meninjau lokasi bencana Longsor di Dusun Bojong Kondang Desa
Cihanjuang Kec. Cimanggung Kab. Sumedang, Provinsi Jawa Barat.
Jum’at, (15/01/2021).

Rombongan menuju Posko Bencana Tanah Longsor di SMAN 1 Cimanggung dan meninjau posko bencana tanah longsor, meninjauan Dapur Umum serta Penyerahan Bantuan dari Kementrian Sosial dan DPR RI berupa Uang Tunai 196.078.000,-, serta 1.000 Paket Sembako.

Dari BNPB berupa bantuan dana siap pakai untuk dana Hunian sebesar 99.000.000 ,-, Mesin PCR 1 Unit,
Mesin RNA 1 Unit, PCR 5.000 Test
RNA 5.000 Test, VTM 5.000 Test,
Swab Antigen 5.000 Test,
Mie Saco 100 Karton, Masker Kain 1.600 pcs .

Sambutan Perwakilan Komisi VIII DPR RI menyampaikan ” kondisi bencana longsor di Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang, menurutnya ada sesuatu yang salah dari ekosistem pegunungan yang ada dilokasi bencana ini. Daerah ini merupakan daerah yang rawan bencana, namun dijadikan pemukiman.

Kedepannya yang harus dilakukan oleh pemerintah pusat maupun daerah yaitu mendesain kembali tata ruang. Agar betul-betul memperhatikan aspek dan analisis resiko bencana, apakah daerah tersebut layak dibangun atau tidak.
Lahan tersebut harus betul-betul terhindar dari bencana. Oleh karena itu, pemerintah harus menyiapkan Lokasi pemukiman yang baru untuk korban bencana, kalau tidak mereka mau tinggal dimana?.
Tentu kami dari Komisi VIII sungguh prihatin dan berbelasungkawa atas musibah ini. Jadikan musibah ini sebagai pelajaran dalam analisis tata ruang resiko bencana,” Ungkapnya.

Selanjutnya, rombongan meninjau lokasi bencana tanah longsor dan
penanaman pohon berupa pohon mahoni dan pohon sukun.

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Dandim 0610 Sumedang Letkol Inf. Zaenal Mustofa, SE, M.Si,
Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto, S.H., S.I.K.,
Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan , SE, Waaster Kodam III/Slw Letkol Mujahidin, Danyonif R 301 PKS,
Wadan Den Pom 3/2 Garut
Ketua DPRD Sumedang,
Perwakilan Anggota DPRD Sumedang,
Sekda Sumedang dan Kepala BPBD Kab. Sumedang. Reporter l Hidayat l

Share It.....