Rapat Kerja Universitas Samudra Tahun 2021, Launching Aplikasi SIMKEU

WBN, Kota Langsa, Aceh – Kini Rektor Universitas Samudra Langsa, Dr. H. Bachtiar Akop, MPd. melakukan penandatanganan pernyataan komitmen dukungan Kampus Merdeka dan Launching Aplikasi SIMKEUSA pada Rapat Kerja Universitas Samudra Tahun 2021 di gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsam, pada hari Senin (01/02).

Dalam acara tersebut turut hadir, Wakil Wali Kota Langsa, Dr. H. Marzuki Hamid MM, Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil SH, M.Kn.l, Direktur PTP. N I, Ahmad Gusmar Harahap, Kepala Bappeda Acrh timur Syahrizal Fauzi SSTP, MAP, peserta Raker dan undangan yang hadir.

Rektor Universitas Samudra Langsa, Dr. H. Bachtiar Akop, M.Pd

Untuk itu Rektor Universitas Samudra Langsa, Dr. H. Bachtiar Akop, MPd dalam sambutannya mengatakan, Universitas Samudra akan berusia 8 tahun pada tanggal 13 Mei 2021. Berbagai tantangan telah dilewati dan beragam hasil telah diperolehnya pula.

Tambahnya lagi, serta Kerja keras yang terus menurus dilakukan oleh seluruh civitas akademika Universitas Samudra, telah mampu melewati seluruh tantangan tersebut dan memberikan hasil yang sangat menggembirakan. Tahun 2018 Universitas Samudra telah memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan Nilai B (Unggul), sebutnya.

Lanjut nya, Rektor Unsam, tahun 2020 adalah tahun yang penuh tantangan bagi seluruh penduduk dunia, di tengah pandemi corona (Covid 19) berbagai tatanan kehidupan harus disesuaikan untuk mengurangi penyebaran virus tersebut. Sektor pendidikan sangat tertantang untuk tetap menjaga agar proses pendidikan dapat berjalan dengan baik baik serta tepat sadaran.

“Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan keputusan untuk pelaksanakan proses pembelajaran secara Daring. Universitas Samudra dengan sarana teknologi yang tergolong mencukupi dan dengan tenaga teknologi informasi yang terbatas, telah berhasil melaksanakan proses perkuliahan semester genap dan ganjil tahun 2020 dengan lancar dan baik,” paparnya.

Sedangkan untuk rapat Kerja Tahun 2021 yang akan dilaksanakan mulai hari ini akan digunakan untuk mengevaluasi secara detail kekurangan pelaksanaan perkuliahan secara Daring dan mencari solusi terhadap kekurangan tersebut.

Di sisi lain, selama Pandemi Covid-19 pelayanan birokrasi juga mengalami tantangan untuk menyediakan pelayanan secara cepat dan akurat. Untuk menjawab tantangan tersebut, pada tahun 2020 telah disediakan sistem informasi perencanaan berbasis teknologi informasi yang diberi nama SIRANCANG, dan sistem informasi keuangan yang diberi nama SIMKEU UNSAM.

“Mulai tahun 2021 proses pengusulan kegiatan dan penganggaran dilaksanakan melalui aplikasi SIRANCANG, dan kegiatan keuangan dilaksanakan dengan aplikasi SIMKEU,” harapnya.

Sementara pada tahun 2020 melalui kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, diluncurkan Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Universitas Samudra akan selalu berkomitmen untuk melaksanakan dan menyukseskan progam tersebut dengan baik.

Tambahnya lagi, Program Merdeka Belajar akan sangat berat dilaksanakan oleh Unsam, tanpa adanya dukungan penuh oleh pemerintah kabupaten/kota, dunia usaha, dunia industri yang berada di sekitar Unsam Langsa ini.

Kami juga sangat berterimakasih kepada Wali Kota Langsa, Bupati Aceh Tamiang, Bupati Aceh Timur dan Direktur PTP. N I Langsa yang telah mendukung Universitas Samudra untuk suksesnya pelaksanaan program Merdeka Belajar ini nantinya.

Dengan bukti dukungan tersebut akan kita tuangkan dalam bentuk kesepakatan bersama pelaksanaan Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Universitas Samudra yang akan ditandatangani bersama-sama dengan penuh ini.

“Untuk itu, kita berharap melalui Raker Universitas Samudra tahun 2021, akan lahir usulan-usulan kegiatan yang menampung tumbuhnya inovasi-inovasi dosen dan mahasiswa Universitas Samudra, dalam meningkatkan harga diri bangsa ini yang lebih baik lagi serta harus di dukung dengan penuh,” tandasnya

Selanjutnya, Bachtiar Akop berharap pada tahun 2030 Universitas Samudra menjadi perguruan tinggi yang mandiri dan unggul, kami terus berusaha untuk menjadi mandiri dengan meningkatkan jumlah tenaga dosen yang bergelar doktor, melakukan reformasi birokrasi dan mendukung peningkatan prestasi mahasiswa di berbagai bidang, serta meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana.

Sementara Wakil Wali Kota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid, MM menyatakan, Pemko Langsa mendukung kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di Unsam sebagai program Kampus Merdeka.

Artinya, Kota Langsa sudah melakukan terobosan dengan peluncuran smart city, menjadi kota pintar, ekonomis dan efisien untuk mensejahterakan warga Kota Langsa yang lebih baik lagi.

“Bahkan, Pemerintah kota Langsa sudah menggunakan E Lapor melalui aplikasi, ada E RDTR dan E Pertanahan serta aplikasi lainnya. Selain itu sudah ada jaringan internet dan Intranet (perusahaan Icon Plus) atau melalui viber optik berarti kini pemerintah kota Langsa sangat mendukung perigeram universitas samudra Langsa ini,” jelasnya. (Zainal).

Bagikan Info ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •