Jelang Paskah, Aparat TNI-POLRI Perketat Pengamanan di Kota Langsa

 

WBN l Kota Langsa Aceh  – Merespons kasus bom bunuh diri di gereja Katedral Makassar pada Minggu (28/3/2021), tempat ibadah umat Nasrani di Kota Langsa juga diperketat pengamanannya oleh personel TNI-POLRI dari Kodim 0104/Aceh Timur, Polres Langsa, dan Brimob Kompi 2 Batalyon B Pelopor Satbrimobda Aceh, jelang peringatan Hari Paskah.

Selama pekan suci ini telah berlangsung beberapa kegiatan ibadah yakni pada hari Rabu Abu, Kamis Putih, dan hari ini dilaksanakan Jum’at Agung, Puncaknya kegiatan tersebut dilaksanakan pada Minggu Paskah di Gereja HKBP Langsa, Jln. Ade Irma Suryani, No.1, Gp. Jawa Belakang, Kec. Langsa Kota, Kota Langsa.

Polres Langsa meningkatkan pengamanan Gereja di Kota Langsa yang berkoordinasi dengan Kodim 0104/Atim untuk melaksanakan pengamanan di Gereja tersebut, agar tidak mengganggu aktivitas ibadah.

Pengamanan ketat diawali dari pemeriksaan setiap kendaraan yang diparkir di depan Gereja, dan jemaat yang akan masuk Gereja, baik itu pengurus Gereja maupun jemaat.

“Kita tingkatkan pengamanan, dari kami TNI-POLRI akan saling koordinasi. Pemeriksaan dimulai dari setiap kendaraan yang masuk Gereja, kemudian identitas jemaat yang tidak dikenal,” ungkap Kanit I Sat Intelkam Polres Langsa Ipda Denny Abdillah kepada awak media, Jum’at (02-04-2021).

Pihaknya juga menjamin keamanan umat dan jemaat dalam menjalankan kegiatan ibadah di masa Pekan Paskah, yang dimulai dari Kamis Putih, hari ini Jum’at Agung hingga Minggu Paskah nanti. Terlebih, Gereja Langsa ini tetap menggelar ibadah tatap muka meski dengan jemaat yang dibatasi sesuai protokol kesehatan.

“Kita jamin keamanan warga Langsa, saudara kita yang akan beribadah di masa Paskah. Kita bersama TNI akan memberikan pengawalan dan pengamanan penuh di setiap kegiatan ibadah di Gereja pada masa Paskah ini,” tambah Denny.

Sementara Kapten Inf Suharianto selaku Perwira Seksi Operasi Kodim 0104/Aceh Timur menyampaikan bahwa, sinergitas TNI-POLRI ini akan terus dilaksanakan secara bersama-sama di semua kegiatan masyarakat yang membutuhkan pengamanan, demi menjaga kamtibmas yang kondusif, sehingga kami bersama-sama memberikan pengamanan dalam pelaksanaan peringatan Paskah bagi umat Katolik di Kota Langsa.

“Kita tidak boleh underestimate, tetap harus kita lakukan pengamanan dan perhatikan kewaspadaan untuk mengantisipasi dari hal hal yang akan mengganggu kamtibmas,” ujarnya.

Ia menegaskan, TNI bersinergi dengan POLRI menjamin keamanan warga masyarakat, khususnya saat ini umat Nasrani yang merayakan Paskah.

“TNI dan POLRI selalu bersama dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat sehingga terwujudnya kondusifitas wilayah Langsa yang aman,” tandasnya. Rept (Zainal /Ardi)

Bagikan Info ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •