JARIMINASSA Tanralili Buka Forum Silaturahmi, LAPFS Sulsel: Semoga Semua Bisa Bersatu di Kerajaan Tallo

Maros,WBN- Lembaga Adat JARIMINASSA TANRALILI buka Forum silaturahmi bersama beberapa lembaga dan turunan di Kerajaan Tallo pada Minggu,(4/07/2021), di kantor sekretariatnya, Dusun Bonto Cinde, Desa Allaere, Kec.Tanralili Kab.Maros.

Dalam Silaturahmi tersebut Lembaga Adat JARIMINASSA TANRALILI mengundang beberapa lembaga di Makassar terkait keberadaan Kerajaan Tallo yang terus berkemelut.

JARIMINASSA Tanralili yang memiliki visi misi menyatukan semua perbedaan yang terjadi di dalam membangun Kerajaan dan Adat serta Budaya di Sulsel mengundang beberapa lembaga di Tallo seperti, Lembaga Adat Passereanta Firman Sombali Kerajaan Islam Kembar Gowa Tallo ( LAPFS ) Sulsel, Lembaga Adat Gallarrang Moncongloe, LAD. Sultan Sirajuddin, WITRI, dan beberapa lembaga lainnya di Tallo.

Dalam sambutannya Lembaga Adat JARIMINASSA TANRALILI mengatakan,”Alhamdulillah kami dari Lembaga adat Jariminassa Tanralili sangat bersyukur karena acara silaturahim yang berasal dari berbagai rumpun keluarga dan Lembaga adat berjalan sesuai rencana dan kami sebagai fasilitator pertemuan sangat mengharap semoga nanti ada titik temu dan bisa menciptakan satu visi dan misi yaitu membangun kembali kerajaan Tallo’ dengan prinsip “ASSIPAKATAU..ASSIPAKALABBRI’..ASSIKAMASEANG” dalam konteks MABBULO SIBATANG..MA’BAYAO SIBATU..MACCERA’ SITONGKA TONGKA”,Insya Allah apa yang menjadi tujuan kita bersama semoga bisa tercapai”,jelas Karaeng Lallo kepada awak media.

Ditempat yang sama juga, Ketua LAPFS Sulsel, Andi Iskandar Esa Dg Pasore menambahkan, “Kami dari lembaga adat passe’reanta firman sombali kerajaan islam kembar gowa tallo, tetap akan menjalankan amanat leluhur untuk menjaga serta melestarikan adat budaya yang ada, serta menjaga dan mempertahankan aset kerajaan tallo, sehingga kami berharap bahwa seluruh garis keturunan kerajaan tallo bisa kompak dan saling membantu bukan malah gontok-gontokan”,jelasnya.

Andi Iskandar juga menambahkan,”namun kamipun selalu siap menghadapi dan melalui seluruh dinamika yang ada, termasuk semua bentuk rongrongan yang mencoba melakukan pengkaburan fakta serta menghalangi niat luhur kami di Tallo. Kami akan terrus berjuang hingga rumah adat kerajaan tallo bisa terbangun, serta kesejahteraan masyarakat adat tallo secara khususnya dapat terwujud. Kami akan menorehkan sejarah yang lurus dan mempersembahkannya kemata dunia, karena kebanggaan kami sebagai darah turunan adalah ketika kerajaan tallo bisa hadir, bangkit, serta berjaya kembali”,tegas Ketua LAPFS Sulsel yang juga ketua Dewan Adat Kerajaan Tallo yang dilantik bersama Raja Tallo Alm.Brigjen TNI Andi Oddang.

 

Bagikan Info ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •