ARI Serahkan Seekor Kukang Jawa Kepada BKSDA Kabupaten Garut

KAB. GARUT | WBN – ARI (ANIMAL RESCUE INDONESIA) serahkan seekor kukang jawa (Nycticebus javanicus) yang ditangkap dari laporan warga dan diserahkan kepada pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Garut. (27/08) jum’at kemarin.

Berawal dari laporan warga ada nya seekor kukang jawapada hari kamis tanggal 26/08/ 2021 pada pukul 02.00 WIB, di daerah caringin-karangpawitan garut.

Dengan sigap kami selaku para pecinta hewan dari organisasi Animal Rescue Indonesia langsung mengevakuasi hewan tersebut. Dibantu oleh beberapa warga masyarakat kami dapat menangkap dan mengamankan kukang itu dengan selamat.Ujar Taopik Adiwijaya.

 

Sesuai undang undang yang berlaku, bahwa kukang adalah salah satu hewan yang populasi nya menurun juga termasuk salah satu hewan yang dilindungi, maka pada hari kamis kami bergegas secara relawan mnyerahkan kukang kepada pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam daerah kabupaten Garut.

 

Kukang Jawa merupakan jenis kukang yang keberadaan nya terancam punah maka akan mengganggu akibat perburuan liar untuk di perjual belikan,dan apabila keberadaan nya terancam punah maka akan merusak kestabilan ekosistem dan rantai makanan,

 

tahun 2008-2010. Kukang jawa dilindungi oleh undang-undang Republik Indonesia dan, sejak Juni 2007, terdaftar di bawah Apendiks I CITES. Meskipun berbagai upaya perlindungan ini telah dilakukan, serta keberadaannya tercatat di beberapa kawasan yang dilindungi, akan tetapi perburuan liar terhadap hewan ini masih terus terjadi; undang-undang perlindungan satwa liar masih jarang ditegakkan di tingkat lokal.

(Agus Gunawan)

Share It.....