POKJA Kampung KB Puskesmas Eilogo Sabu Raijua Gencar Sosialisasi Vaksinasi Covid19

WBN│Mewujudkan tujuan Kampung KB, yakni meningkatkan kualitas hidup manusia untuk menciptakan keluarga sejahtera serta membumikan total program KB sesuai kebutuhan dan kondisi wilayah, Penyuluh KB dan Promotor Kesehatan Masyarakat Puskesmas Eilogo, Kecamatan Sabu Liae ,Kebupaten Sabu Raijua, NTT menggelar rapat koordinasi dan sosialisasi Vaksinasi Covid-19, Rabu (8/9/2021).

Pantauan WBN, kegiatan berlangsung di Aula Kantor Desa Raerobo, dihadiri Plt. Camat Sabu Liae, Yohanes Gala Beding, S.IP, Kepala Desa Raerobo Jhon Ratu Lado, Kepala Seksi Keluarga Sejahtera Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB, Suryani Mangala, S.KM, Penyuluh KB Kecamatan Sabu Liae, Lysti Padji, S.KM serta seluruh pengurus Pokja KB Kecamatan Sabu Liae.

Plt. Camat Sabu Liae, Yohanes G. Beding, S.IP dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini masyarakat bukan lagi sebagai obyek dari sebuah kebijakan, melainkan sebagai pelaku utama kebijakan pembangunan yang diprogramkan pemerintah, sehingga pemerintah berkewajiban mengarahkan, membimbing, serta menciptakan suasana yang menunjang peran serta masyarakat dan pemerintah yang harus saling mendukung, saling mengisi dan saling melengkapi dalam satu kesatuan langkah menuju terciptanya pembangunan nasional.

“Bapa, mama, kakak, adik dan basudara bukan lagi obyek dari sebuah kebijakan melainkan sebagai pelaku utama kebijakan pembangunan yang diprogramkan pemerintah, sehingga pemerintah berkewajiban untuk mengarahkan, membimbing, serta menciptakan suasana yang menunjang peran serta masyarakat dan pemerintah yang harus saling mendukung, saling mengisi dan saling melengkapi dalam satu kesatuan langkah menuju terciptanya pembangunan nasional”ujar Plt. Camat Sabu Liae, Yohanes G. Beding, S.IP.

Ditambahkan, upaya membangun Indonesia dimulai dari keluarga, merupakan sebuah cita-cita pembangunan nasional yang pada dasarnya bertujuan untuk membangun Sumber Daya Manusia berkualitas dan meningkatkan taraf hidup masyarakat dan bangsa dalam semua bidang kehidupan.

Maka, lanjutnya, upaya keberadaan Kader KB sebagai bagian dari penggerak kegiatan pembangunan di lapangan diharapkan mampu untuk melaksanakan fungsinya dengan baik. Sebab, bagaimanapun, pembangunan dalam bidang Kesehatan, Kependudukan, Keluarga berencana dan Pembangunan Keluarga, tidak mungkin dapat dilaksanakan sendiri oleh pemerintah tanpa melibatkan peran serta masyarakat.

“Salah satu contoh mari kita mendukung dan mengikuti vaksinasi covid 19. Kader harus bisa menggerakan masyarakat dari keluarga kita untuk melawan pandemi covid 19 dgn melaksanakan protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi covid 19. Sekarang ini, Kader KB secara faktual telah lahir dan hadir namun belum nampak kompetensi yang dimiliki serta belum terlibat dan berperan serta secara aktif sebagaimana semestinya. Sehingga peningkatan peran dan kompetensi Kader penting dan mendesak untuk menjawab semua kekurangan dan kelemahan yang ada dilapangan selama ini”, kata Plt. Camat Sabu Liae, Yohanes G. Beding, S.IP

Yono sapaaan akrab Yohanes berharap agar para kader atau POKJA yang dibentuk mampu dalam menjalankan dan melaksanakan program serta kegiatan harus ditunjang dengan upaya peningkatan peran dan kompetensi dari kader itu sendiri.

“Saya berharap agar para kader atau POKJA yang dibentuk mampu dalam menjalankan dan melaksanakan program serta kegiatan harus ditunjang dengan upaya peningkatan peran dan kompetensi dari kader itu sendiri”, tutup Plt. Camat Sabu Liae, Yohanes G. Beding, S.IP.

Dikutip WBN, Penyuluh KB Kecamatan Sabu Liae, Lysti Padji, S.KM mengatakan bahwa Pokja hadir untuk mengkoordinir kegiatan-kegiatan yang ada di Kampung KB berdasarkan delapan fungsi keluarga yaitu fungsi keagamaan, fungsi sosialisasi/pendidikan, fungsi ekonomi, fungsi sosial budaya, fungsi kasih sayang, fungsi reproduksi, fungsi perlindungan dan fungsi pembinaan lingkungan.

“Pokja hadir untuk mengkoordinir kegiatan-kegiatan yang ada di Kampung KB berdasarkan delapan fungsi keluarga yaitu fungsi keagamaan, fungsi sosialisasi/pendidikan, fungsi ekonomi, fungsi sosial budaya”tuturnya Terpisah, Anton Beke sebagai promotor kesehatan ahli puskesmas eilogo kepada Media ini menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Desa/Kecamatan Sabu Liae yang mendukung percepatan vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan di beberapa desa dalam mengejar target Imunitas Kelompok atau Komunitas dalam melawan pandemi covid 19. “Mewakili teman-teman saya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Desa/Kecamatan Sabu Liae mendukung percepatan vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan di beberapa desa dalam mengejar target Imunitas Kelompok atau Komunitas dalam melawan pandemi covid 19”, pungkas Lysti Padji, S.KM.

WBN│JHF│Editor-Aurel

Share It.....