Karlina Damirie: Wanita Hebat, Wanita yang Memiliki Kualitas

Wanita hebat Itu?

Sebenarnya wanita yang mempunyai kualitas di dalam segala segi seperti wanita itu dibutuhkan oleh anak dan keluarga. Penting sekali karena kita itu harus bisa mendidik, harus kita bisa memberikan contoh. Kita itu harus juga memberikan wawasan. Kita juga harus bisa menjadi wanita panutan maksudnya inspirasi (red-mengilhami). Jadi kita harus memberi contoh kepada semua orang bahwa, saya ingin seperti apa. Wanita itu bagaimana yah?!… Itu baru namanya wanita inspirasi.

lalu apa saja isinya wanita yang hebat itu?

wanita hebat itu dia harus pertama bisa mendidik untuk anaknya dengan baik di dalam rumah. Bagaimana contohnya mendidik anak-anak itu kita sekolahkan tapi kita tidak 100% di pendidikan itu ke sekolah. Semua dasarnya itu harus dari basic atau dari dasarnya.

Sebagai Ibu/wanita di rumah, mendidik anak dan keluarga secara baik. Jadi anak itu harus hal terkecil harus punya dasar yang baik, seperti anak kita maunya kemana?. Anak itu harus menjadi anak yang teladan anak itu tidak boleh diiming-iming dan suatu yang hebat tanpa dasar. Kalau anak itu sekolah kita harus lihat sebenarnya anak itu punya kepribadian yang seperti apa itu orangtua harus tahu. Jadi kita tidak mendidik anak kita pasti akan salah jalan. Lalu anak itu kita harus memberikan pendidikan, terutama Agama yang mendasar. Karena dengan dasar agama yang kuat, maka anak itu akan selalu berpedoman. Pada agama apapun yang akan mereka lakukan. Itu, contoh-contohnya, dari dalam rumah tangga.

 

Seorang wanita itu harus bisa memberikan pendidik kan makanan yang sehat untuk anak-anaknya dan untuk semua keluarganya seperti apa?

Makanan itu sebenarnya tidak terlalu perlu harus mewah, tapi makanan itu harus sehat. Sehat untuk pertumbuhan anak juga untuk kesehatan kita semua. Itu cara pemilihan maksudnya cara pemilihan makanan. Misalnya, apa sih yang diperlukan oleh tubuh pertumbuhan anak-anak ini? Pemilihan makanan yang sehat seperti harus ada proteinnya, harus ada karbohidratnya yang cukup harus ada vitamin yang cukup untuk tubuh anak-anak kita.

Nah, itu salah satu adalah ilmu yang harus ada pada seorang ibu seorang wanita dan bisa diberikan untuk keluarganya. Bisa juga dikasihkan ke seluruhan sahabat keluarga di luar rumah. Jadi untuk siapa saja? Nah, kalau itu sudah ada pada. Seorang ibu maka anak alhamdulillah anak itu akan bisa tumbuh dengan baik. Pendidikan kepada ibu-ibu itu sangat penting. Kita harus melihat untuk kepada siapa kita harus memberikan pendidikan ini kepada ibu golongan yang lemah kah atau kepada ibu-ibu golangan yang menengah atau juga pada ibu-ibu yang golongan atas. Kenapa kita Pilah menjadi 3 bagian karena kadang

Pertama, kadang ibu-ibu ini mungkin, faktor ke tidak tahuan karena mereka dengan pendidikan yang lemah. Pendidikan rendah itu memang mereka tidak tahu atas dasar pendidikan yang sangat rendah.

Kedua, pendidikan mereka cukup. Tapi ekonominya juga tidak terlalu menunjang.

Ketiga, mungkin mereka semua kecukupan mereka dalam bidang ekonomi baik semua baik tapi, mungkin mereka tidak ada pengalaman untuk berbagi pendidikan kepada orang lain seperti ibu-ibu yang lemah itu.

Mereka harus kita kasih pelajaran ilmu tapi mungkin ilmu yang kita kasih itu tidak cocok pada mereka karena, kita memberikan sesuatu yang terlalu berlebihan dan mereka juga tidak punya biaya dan tidak punya kemampuan untuk belajar seperti itu.

Nah, itu adalah salah satu yang kita memberikan pendidikan yang salah. Kita harus kita belajar sebagai ibu-ibu. Yang Ibu yang punya ilmu yang cukup, kita harus bisa melihat itu dan harus bisa mendirikan pendidikan. Apa yang cocok untuk ketiga golongan tersebut itu salah satunya. Kemarin saya bertemu dengan Ibu Menteri. Ibu menteri pemberdayaan perempuan dan itu kita membicarakan masalah kita sendiri akan mendirikan sekolah untuk mendidik. bukan hanya pendidikan kreatif saja, tapi pendidikan yang mengangkat harkat wanita dari mulai yang golongan satu sampai golongan yang tiga.

Saya sudah sebutkan jadi bagaimana cara pendidikannya? Nah, dengan ibu-ibu yang tidak mampu, kita harus mencarikan pendidikannya yang cocok bagi yang pertama, kedua dan ketiga. Nah, itu kita sedang membahasnya apakah yang kita ajukan itu sesuai dengan juga program pemerintah.

Sebenarnya program pemerintah itu harus mendasar bahwa, dilihat dari nilai-nilai wanita yang selama ini kita sebagai wanita, kita sebagai ibu rumah tangga. Sebagai ibu juga kita harus bisa jadi wanita-wanita dengan ilmu keahlian dan juga cara mereka untuk melakukan sesuai dengan keadaan ekonomi mereka. Mungkin, itu yang saya bisa ceritakan. Dalam menunjang, untuk pendidikan wanita juga bagaimana menjadi seorang wanita yang hebat. Ujar Bunda Karlina Damirie.

Penulis NN, Editor ndra, Kameramen Cokro dan Herdi. 

Share It.....