Bupati Garut Lantik Dua PAW Kades Mekargalih dan Cigagade
Bupati Garut, Rudy Gunawan, Lantik 2 Kades Pengganti Antar Waktu (PAW) yakni Kepala Desa Mekargalih Kecamatan Tarogong Kidul dan Kepala Desa Cigagade Kecamatan Balubur Limbangan Kabupaten Garut, di Ruang Pamengkang, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jum'at (19/05/2023).

WBN. GARUT– Bupati Garut, Rudy Gunawan, melantik dua Kepala Desa (Kades) Pengganti Antar Waktu (PAW) yakni Kepala Desa Mekargalih Kecamatan Tarogong Kidul dan Kepala Desa Cigagade Kecamatan Balubur Limbangan Kabupaten Garut, yang dilaksanakan di Ruang Pamengkang, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jum’at (19/05/2023).

Dua orang yang dilantik ini yakni Devi Fahruroji sebagai PAW Kepala Desa Cigagade dan Ateng Sopandi sebagai PAW Kepala Desa Mekargalih.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengatakan, jika jabatan yang dipangku oleh Devi dan Ateng merupakan jabatan terhormat. Beberapa waktu lalu ada sekitar 308 orang mengikuti kontestasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2023 di 82 desa di 28 kecamatan di Kabupaten Garut.



“Melalui proses PAW, sama dipilih oleh tokoh-tokoh masyarakat, sehingga legalitas saudara sama dengan kepala desa yang dipilih oleh rakyat secara keseluruhan,” ujar Bupati Garut.

Bupati menerangkan, pergantian melalui PAW, diakibatkan beberapa alasan, apakah karena kades sebelumnya meninggal dunia, mengundurkan diri atau sebab lain yang terjadi sebelum masa jabatannya berakhir

“Jadi kita apapun yang terjadi di desa bilamana ada berhenti sebelum masa jabatannya alasan apapun lah ya, kita akan proses lagi secara politik, dipilih lagi oleh BPD, dipilih lagi oleh lembaga-lembaga desa dan kita lantik,” kata Rudy ketika diwawancara oleh awak media seusai pelantikan.

Bupati berpesan, agar para PAW kades yang hari ini dilantik untuk bekerja sebaik-baiknya dan bertanggungjawab sesuai sumpahnya.



Sementara itu, PAW Kades Mekargalih, Ateng Sopandi, mengungkapkan seusai dirinya dilantik hari ini, Ateng akan menjalankan program sesuai dengan visi-misi yang telah dibuat olehnya, dua diantaranya yaitu menertibkan perangkat desa agar sesuai fungsi dan tugasnya, serta mencoba membenahi kesehatan lingkungan terutama kebersihan hingga infrastruktur.

“Harapan saya Mekargalih (ke depan) ada perubahan, mungkin dari segi ekonomi, kebersihan, dan juga lingkungan,” tandasnya.(Udg).

Share It.....