Brilian, Profil Putra NTT Karolus Karni Lando Peraih Sertifikat IATF USA
Ir. Karolus Karni Lando, MBA (Candidate Doctor)

WBN │Salah satu Putra daerah asal Provinsi Nusa Tenggara Timur, dari Kabupaten Ende, Flores, Karolus Karni Lando mengukir catatan membanggakan, menyabet Sertifikat IATF USA.

Industri Otomotif Global berpegang pada kualitas proses yang sangat baik, proses perbaikan terus-menerus, standar tertinggi dan kekuatan inovatif. IATF adalah standar untuk sistem manajemen mutu pemasok bidang industri otomotif.

Sertifikat IATF sangat penting untuk sebuah perusahaan, sebab merupakan sertifikasi independen dan pakar, dari sistem manajemen memberikan jaminan kepada manajemen puncak, bahwa sistem tersebut sesuai dengan persyaratan IATF 16949. Dengan pandangan holistik tentang orang, proses dan hasil, auditor mengidentifikasi potensi peningkatan dan memberikan panduan untuk proses pengambilan keputusan.

Dalam posisinya sebagai Direktor Asia Pacific Perusahaan Italy, Registro Italiano Navale dan juga Auditor yang merambah sejumlah negara, tidak terkeecuali melalang buana hingga manca negara, Karolus Karni Lando salah satu lulusan terbaik SMAK Syuradikara Ende, berhasil membuktikan kapasitas intelektual maupun keuletan kerja dalam ketatnya persaingan global di bidang sertifikasi industri.

Karolus Karni Lando yang menyelesaikan studinya di SMAK Syuradikara Ende, lalu meneruskan pendidikan ke Institut Teknologi Nasional Malang (ITN) hingga meraih gelar Insinyur, jurusan Teknik Mesin, selanjutnya meraih titel Master of Business Administration (MBA) dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan kini sebagai Candidate Doktor di Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, dikarunia pasangan hidup asal bumi Larantuka, Flores Timur, Elisabeth Setiawati Blantaran De Rozari, dengan dianugerahi tiga orang anak, Augusta Catharine Karni Lando, Augustinus Yohanes Karni Lando, Adrianne Caroline Karni Lando.

Dengan segudang kapasitas mumpuni, Karolus Karni Lando dalam percakapan melalui Telepon dengan media ini (24/8/2022), mengakui memiliki keterpanggilan moral untuk dapat mendedikasikan diri bagi tanah kelahiran Masyarakat Nusa Tenggara Timur.

“Saya pikir tidak sedikit karya pelayanan yang telah saya lakoni dalam derap dedikasi, tidak terkecuali kepada dunia manca negara. Namun dibalik itu, saya sadar saya harus terus mendedikasikan diri secara lebih baik lagi bagi bangsa dan masyarakat, secara khusus NTT yang merupakan fondasi keberadaan serta jati diri saya. Puji Tuhan, saya harus melakukan sesuatu dan kini saya bersama Partai Perindo”, ujar mantan Manager General Motors Indonesia USA Company, Karel Lando.

Kilas Profil Putra NTT, juga sebagai orang pertama Indonesia yang menyabet sertifikat IATF USA, kini menjadi salah satu Kader Perindo Nasional asal NTT :

Nama : Karolus Karni Lando
Nama Panggilan : Karel Lando
Nama Istri : Elisabeth Setiawati Blantaran De Rozari
Nama Anak-Anak : Augusta Catharine Karni Lando, Augustinus Yohanes Karni Lando, Adrianne Caroline Karni Lando.
Tempat Tinggal : Jakarta

Riwayat Pendididikan mulai jenjang SLTA : SMAK Syuradikara Ende, InstitutTeknologi Nasional Malang, InstitutTeknologi Bandung, Candidate Doktor dari Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur.

Jabatan : Direktor Asia Pacific Registro Italiano Navale, International Register Certified Auditor. Riwayat Pekerjaan : Inti Salim Corpora, Salim Group, Management Trainee, Indo Mobil Group, Salim Group, Supervisor, General Motors Indonesia USA Company, Manager, Texmaco Perkasa Engineering, Manager, Lloyds Register Quality Assurance UK Company, Senior Lead Auditor, (RINA) Italian Company, 2014, Direktor sampai sekarang.

Pengalaman Organisasi dan Penghargaan : Ketua Presidium SMAK Syuradikara Ende, Ketua IKB Lio Utara Ende Jakarta, Ketua Dewan Pengawas IKB Lio Utara Jakarta. Tanda Penghargaaan : IATF – Amerika Orang Pertama di Indonesia, Dirlantas Polri : Manajemen Sistem ISO 9001: 2008, Sarpas Polri : Penghargaan Assarpras, Irjend Anton Barualam.

WBN

Share It.....