Wujudkan Generasi Muda Cinta Budaya, SMPN 2 Sindang Indramayu Gelar Pentas Kesenian

WBN, INDRAMAYU – Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Indramayu menyelenggarakan Pagelaran Seni Budaya bagi peserta didik se-Kabupaten Indramayu. Mulai dari PAUD, Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk tampil secara bergantian.

Pentas kesenian yang berlangsung di area Alun-Alun Puspawangi Indramayu tersebut mendapatkan perhatian yang luar biasa dari masyarakat, baik yang sedang melintas maupun yang duduk santai sembari ngabuburit. TK Negeri Pembina Indramayu dan SMP Negeri 2 Sindang (Nedusi) menjadi pengisi acara di Pentas Seni pada Kamis (28/3/2024).

Kemudian diketahui, Pentas Seni tersebut diadakan setiap hari selama bulan Ramadan, mulai pukul 16.00-17.30 WIB atau sampai dengan waktu berbuka puasa. Berbagai macam seni dan budaya ditampilkan oleh peserta didik mulai dari menyanyi religi, membaca puisi, fashion show, tari-tarian daerah, sampai live musik.

Event yang digagas oleh Bupati Nina Agustina tersebut menjadi semangat baru bagi para peserta didik, pencinta seni, juga para wali murid yang mendampingi anaknya tampil. Pentas seni tersebut juga menjadi ajang melatih bakat dan potensi peserta didik untuk lebih berani tampil di depan khalayak sekaligus menjadi pagelaran budaya asli daerah Kabupaten Indramayu.

Kepala Bidang Kebudayaan pada Disdikbud Kabupaten Indramayu, Uum Umiyati menjelaskan kegiatan Pagelaran Seni Budaya tersebut merupakan realisasi dan manfaat dari salah satu Program Unggulan Pemerintah Kabupaten Indramayu yaitu ALUR (Alun-alun Rakyat).

Uum berharap, dengan adanya Pagelaran Seni Budaya tersebut menjadi pengembangan kebudayaan dan tari kesenian tradisional bisa lebih dicintai oleh generasi muda yaitu anak-anak yang baru tumbuh dan bisa melihat serta mengenal lebih dekat tentang kesenian Indramayu.

“Bupati Nina Agustina sangat mendukung terkait dengan pelestarian seni budaya di Indramayu dan mengajak untuk seluruh masyarakat terutama anak-anak di satuan pendidikan agar berpartisipasi dalam kegiatan ini,” tambah Uum.

Sementara itu, Kepala sekolah SMPN 2 Sindang, Fajar Ismadi yang di dampingi oleh wakil kepala sekolah dan staf guru mengatakan kegiatan tersebut sangat bagus dalam menumbuh kembangkan minat bakat dan potensi siswa untuk berkembang dan maju.

“Terima kasih kepada Bupati Nina Agustina atas penyelenggaraan dan dukungan pada kegiatan ini, saya harap untuk terus dilanjutkan dalam penyelenggaraanya tidak hanya di bulan Ramadan saja, tetapi terus berkelanjutan di bulan-bulan berikutnya,” ungkapnya. (Anton K)

Share It.....