Wamenhan RI Menghadiri Penutupan Pelatihan ‘Force Down’ Bagi Pesawat Asing

WBN, Jakarta | Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) RI Sakti Wahyu Trenggono, hari ini, Jumat (4/9), menghadiri Penutupan Latihan Bersama Penanganan Pesawat Udara Asing Setelah Pemaksaan Mendarat (Force down), di Halim PK, Jakarta. Latihan Bersama ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Penandatanganan Kesepakatan Bersama (PKB) tentang Penanganan Pesawat Udara Asing Setelah Pemaksaan Mendarat (Force down) yang dilakukan pada tanggal 24 Februari 2020 dengan melibatkan 12 (dua belas) Kementerian/Lembaga.

Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Moh. Mahfud MD

Saat menutup pelatihan, Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Moh. Mahfud MD mengatakan pelatihan ini diberikan dengan maksud agar K/L terkait dapat melakukan koordinasi khususnya dalam penanganan pesawat udara asing setelah pemaksaan mendarat (force down).

 

Dalam Kesepakatan Bersama tertuang pelaksanaan pada level teknis yang harus diperhatikan K/L sehingga aturan dan tata cara penanganan force down dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

Tindakan pemaksaan mendarat oleh TNI AU sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2018 tentang Pengamanan Wilayah Udara RI dan Protap Kohanudnas.

 

Kesepakatan Bersama ini dilatarbelakangi adanya pemaksaan mendarat (force down) pada tanggal 14 Januari 2019 yang dilakukan oleh pesawat TNI AU terhadap Pesawat Cargo Ethiophian Airlines ET 3728 di Bandara Hang Nadim Batam, karena tidak memiliki Flight Clearance saat melintasi wilayah udara Republik Indonesia.

Pelatihan ini diberikan kepada jajaran Kosekhanudnas dengan melibatkan kekuatan personel, alutsista, serta fasilitas dan sarana pendukung. Selain itu latihan yang berlangsung selama dua hari juga melibatkan Unsur Satuan Radar, GCI, Tempur Sergap, Unsur Transport, Denhanud 471 Paskhas, Heli SAR, MCC dan Koopsau I beserta jajaran.

Dalam kegiatan tersebut Biro Humas Setjen Kemhan ikut berperan serta dalam pameran yang digelar di Hanggar Skuadron 45 Halim PK, Jakarta. Kepala Biro Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI IE Djoko Purwanto, SE., MM mengatakan bahwa Biro Humas dalam kesempatan ini ikut meramaikan latihan bersama yang digelar Kohanudnas dengan membuka stand pameran Hadir dalam penutupan Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto, Pangkohanudnas Marsda TNI M. Khairil Lubis, Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Dr. rer. pol. Rodon Pedrason, M.A, Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Purwoko Aji Prabowo J, para pejabat Dishub dan Para Pejabat Bea dan cukai.

Sumber @kemhanri | redpel ndra