Makam Kertawinangun akan Dijadikan Wisata Religi dan Edukasi

WBN, INDRAMAYU – Pemerintah Desa (Pemdes) Kertawinangun kecamatan Kandanghaur kabupaten Indramayu, berencana mengembangkan kompleks Makam kertawinangun menjadi objek wisata religi dan edukasi.



Pemdes Kertawinangun sudah menyiapkan master plan untuk pengembangan wisata edupark dengan kebutuhan anggaran yang belum dirinci.

Rencana pengembangan kompleks makam Kertawinangun tersebut diungkapkan Kepala Desa Kertawinangun, Nuryasa panggilan akrabnya Oyes kepada WBN, Senin (18/12/2023).

“Saya sudah bikin master plan. Kami akan izin Bupati untuk menata kompleks Makam itu menjadi edupark. Arahnya lebih pada penelitian pertanian, pengembangan mikroba, dan sebagainya. Dalam master plan itu membutuhkan anggaran,” ujarnya.

Dia menerangkan kompleks Makam itu merupakan aset desa yang akan ditata untuk wisata religi dan edukasi. Untuk mendukung pengembangan wisata tersebut, kata dia, dibutuhkan anggaran yang fantastis karena area ada 4 hektar.

Kuwu Oyes menyebutkan, makam leluhur kertawinangun selama ini hanya dijadikan tempat wisata religi. Padahal, makam-makam tersebut sebenarnya berpotensi untuk dikembangkan sebagai obyek wisata edukasi, karena menyangkut sejarah hidup leluhur sebagai pendiri Kertawinangun.

“Para leluhur ini tidak saja berjuang untuk keluarganya. Tapi juga menjadi pamomong masyarakat desa Kertawinangun,” jelasnya.

Kuwu Oyes Kepala Desa Kertawinangun mengatakan bahwa Tempat Pemakaman Umum (TPU) di depan rumahnya, sebelum pemekaran desa yakni desa Eretan Kulon dan desa Kertawinangun Pemakamannya sama.

Terpantau WBN bahwa Tempat Pemakaman Umum (TPU) di blok Desa tanah seluas 4 hektar di depan kediaman rumah Kuwu Oyes Kepala Desa Kertawinangun berharap kedepannya lokasi TPU tersebut di jadikan edukasi Wisata Desa yaitu Wisata Alam Kubur dan penanaman pohon, pemagaran, penerangan lampu dan perbaiki pula sarana tempat olah raga salah satunya bola volley dan lainnya.



“Kami berharap kepada Bupati Indramayu ibu Hj. Nina Agustina dan dinas terkait untuk membantu sarana pembangunan desa wisata alam kubur di depan halaman rumahku,”pinta kuwu Oyes. (Anton K)

Share It.....