Sosialisasi Serta Konsultasi Publik Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Pembangunan HI Mall

Bekasi, WBN-Sosialisasi atau Konsultasi publik Analisis mengenai Dampak lingkungan pembangunan HI mall kota harapan indah Bekasi pada Jum,at (26/02020). di Aula Desa Pusaka Rakyat Taruma Jaya Kab.Bekasi.

Acara tersebut di hadiri oleh Kepala Desa Pusaka Rakyat ABD.Wahid S.Sos yang memprakarsai acara tersebut dan turut pula hadir dari pihak kecamatan yang diwakili oleh sekcam, Kapolsek, Danramil Taruma jaya, BPD , Karang Taruna Pusaka Rakyat dan juga pihak consultan manajement HDP, serta tokoh tokoh masyarakat ,pemuda dan tokoh agama yang berada di pusaka rakyat.

Sekcam Camat Taruma jaya menyampaikan bahwa bilamana ada pembangunan di wilayahnya yang bertujuan untuk memajukan perekonomian desa dan memberdayakan sumber daya manusianya beliau menyetujui saja,

“akan tetapi dari segi pembangunannya harus tetap mengikuti aturan aturan yang ditetapkan pemerintah setempat dan memiliki AMDALnya untuk mencegah terjadinya hal hal buruk yang akan datang dikemudian hari”,jelas Sekcam Taruma Jaya.

Kapolsek dan Danramil Taruma jaya ikut berpesan akan pengembang harus ada komunikasi dan kerjasama yang baik dengan pemerintah setempat dan elemen elemen masyarakat yang ada, sehingga tidak ada gangguan keamanan di wilayah tersebut dan kapolsek Danramil siap membantu pengamanan demi kenyamanan masyarakat yang ada di wilayah itu.

Kepala Desa Pusaka Rakyat membenarkan akan ada pembangunan mall di wilayahnya itu kurang lebih seluas 5 hektar dan mengharapkan seluruh komponen masyarakat pusaka rakyat dapat mendukung dan ikut membantu mempercepat pembangunan mall tersebut, karena kedepannya pusaka rakyat akan menjadi sentra bisnis dan industri serta keinginan warga pemuda nya dapat di berdayakan dan bekerja di tempat tersebut dan bisa ikut merasakan manfaat dari pembangunan di wilayahnya.

“Dengan adanya para konsultan ini kami inginkan bagaimana caranya dengan pembangunan mall tersebut tidak menggangu dampak lingkungan di masyarakatdan tidak merugikan masyarakat setempat, dan juga merangkul Karang taruna dan BPD untuk bersinergi dalam memajukan desanya bersama sama”, jelas ABD.Wahid S.Sos.

Ketua karang Taruna Hasan Basri dan juga ketua BPD sulistiyo juga menambahkan,”bahwa jika nanti pembangunan mall berjalan di pusaka rakyat ini agar dapat membuka lowongan pekerjaan baru bagi pemuda pemudi ,masyarakat pusaka rakyat untuk menambah inkam penghasilan mereka, untuk masalah lingkungan meminta management HDP atau pengembang untuk membantu mencari solusi untuk menangani banjir di cluster harapan indah 2 dan di perkampungan wilayah desa pusaka rakyat yg selama ini berdampak dari pembangunan perumahan dan kurangnya serapan dan saluran air di cluster maupun di perkampungan warga, karang Taruna dan BPD juga akan ikut mengawal pemerintah desa untuk mengawasi dan mendukung setiap pembangunan yg ada di wilayahnya untuk kemajuan desa pusaka rakyat”,terangnya.

Ucapan terima kasih dari pihak management HDP kepada pemerintah desa pusaka rakyat ,BPD dan karang taruna yang siap membantu untuk pelaksanaan pembangunan mall harapan indah di wilayahnya.

“Terima kasih kepada para kadus dan tokoh tokoh masyarakat yang telah memberikan masukan saran dan kritikan kepada pihak management HDP tentang masalah dampak lingkungannya, kami sudah dengar langsung segera akan kami tanggapi, dan akan di beritahukan kepada pimpinan management kami tentang dampak atau masalah lingkungan dari pembangunan mall di kemudian hari”,ujarnya.

Salah satu warga masyarakat juga berpesan kepada pihak pemerintah desa juga untuk fokus pembangunan di kampung kampung seperti pembuatan saluran air sampai ke dalam dalam perkampungan, perbaikan perbaikan jalan yang rusak, program air bersih /air PAM dan kegiatan kerja bakti dan siskamling harap di aktifkan kembali.