DANDIM 0611/GARUT Mengecek Longsor Ditalegong Garut Selatan

WBN, KAB.Garut– Dandim 0611/Garut Letkol Czi Dr. Deni Iskandar, M. Tr (Han), M.D.M., CAN,di dampingi Para Staf Kodim dan Danramil 1123/Cisewu menyisir dan mengecek lokasi longsor di daerah Talegong. Senin(11/01/21).

Dandim mengatakan titik titik longsor di Kp. Pasir awi Ds. Sukamaju longsor panjang 70 m ketinggian 4 s/d 10 m, Kp. Sawah jeruk Ds. Sukamaju longsor panjang 150 m ketinggian kurang lebih 20 m, Kp. Awi suci Sukamaju longsor setengah badan jalan, Kp. Awi suci Ds. Sukamaju jembatan roboh, Kp Sasak geulis Ds. Sukamaju longsor panjang 20 m ketinggian 10 m dan jalan amblas 1½ m Ds. nyalindung Kec. Cisewu.

Khusus longsor di kp. Jeruk yang terus mengeluarkan lumpur dan air karena dulunya danau dan sumber air harus dikembalikan seperti semula dan dengan mengunakan rekayasa teknologi harus dibuat jembatan melintasi sumber air agar tidak terganggu sumber mata air dibawahnya (sirah cai) kata sesepuh talegong yg merupakan sumber mata air kramat.

Dandim juga menekankan kepada para Babinsa yang wilayahnya rawan bencana baik banjir maupun tanah longsor untuk lebih proaktif melakukan monitoring dan berkomunikasi dengan aparat setempat setiap hujan turun dalam intensitas sedang hingga lebat. Babinsa juga harus mengingatkan warga untuk waspada terhadap bencana dan peduli terhadap lingkungan serta tidak merusak lingkungan,” pungkasnya. (Hidayat biro Tasikmalaya).