Sudin LH Akan Tutup Perusahaan Di Kapuk Muara Yang Buang Limbah Ke Kali Sodetan Angke

 

WBN l Jakarta Utara  – Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara melakukan pengawasan pada perusahaan UD. Athien di wilayah Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara. Perusahaan tersebut diberikan sanksi tegas akan ditutup jika terus melakukan pembuangan air produksi tanpa melewati proses pengolahan air limbah di IPAL yang sudah dimiliki.

Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Dampak Lingkungan dan Kebersihan Sudin LH Jakarta Utara Suparman mengatakan UD Athien adalah perusahaan yang mengolah makanan beku.
“Industri pengolahan makanan laut seperti baso ikan dan otak-otak. Mereka mengalirkan air produksi otak-otak langsung dibuang ke Kali Sodetan Angke,” katanya Jumat (28/5).

Suparman menerangkan praktik pembuangan langsung tanpa proses pengolahan air limbah sangat tidak dibenarkan.
“Apa yang mereka lakukan dapat mencemari lingkungan. Mereka memiliki Instalasi Pengolah Air Limbah (IPAL) dengan sistim pengolahan grafitasi/pengendapan yang terdiri dari 3 (tiga) bak dengan ukuran masing panjanga 1 meter lebar 1 meter dalam 1.5 meter namun belum dimanfaatkan secara maksiman sesuai ketentuan,” ungkapnya.

Suparman menegaskan akan memberikan sanksi tegas jika dalam tiga sampai dengan lima hari belum menutup bypass pembuangan air produksinya.
“Kami akan cabut izin usahanya jika produksinya dilakukan tanpa melewati proses pengolahan air limbah di IPAL yang sudah dimiliki. Mereka juga harus melakukan penutupan bypass pembuangan air produksi ke Kali Sodetan Angke yang diketahui tanpa melewati proses pengolahan air limbahnya,” tegasnya. Rept l Bahtiar l

Share It.....