Satgas TMMD Kodim 1625 Gelar Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Di Sekolah

WBN │Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa TMMD ke-115 Kodim 1625 Ngada, NTT, memberikan sosialisasi wawasan kebangsaan kepada guru dan Pelajar SMKN Ndora, bertempat di Aula SMKN Ndora, Jalan Negara Ende Bajawa, Desa Ulupu, Kecamatan Nangaroro, Kabupaten Nagekeo, NTT (15/10/2022).

Penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara dilakukan dengan tujuan untuk membangun generasi penerus bangsa yang berkarakter dan memiliki jiwa nasionalisme.

Dandim 1625 Ngada, Letkol Inf Ferdinand S.Pd.K selaku Dansatgas TMMD ke-115 Kodim 1625 melalui Perwira Penghubung (Pabung) Mayor Inf Dadan Hidayat didampingi Pasi Ter, Kapten Inf. Komang Sumadana, mengatakan bahwa penyuluhan yang dilakukan merupakan salah satu sasaran non fisik dalam program TMMD ke-115 di Kabupaten Nagekeo.

Maksud dan tujuan kegiatan non fisik, lanjutnya, adalah untuk menumbuhkan semangat dan membina serta membentuk siswa-siswi yang berkarakter yang berwawasan kebangsaan guna menumbuhkan rasa cinta tanah air. Selainitu, juga mempererat ke-bhineka-an tunggal ika dalam menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia.

“Semangat kebangsaan merupakan suatu jiwa yang membara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, seperti apa yang telah dilakukan oleh para pahlawan dan pendahulu kita, mereka semua dari berbagai daerah bersatu memiliki sifat pantang menyerah dan rela berkorban maka cita-cita dalam mewujudkan kemerdekaan Negara Republik Indonesia dapat tercapai seperti apa yang kita rasakan sekarang ini”, jelasnya.

Tujuan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan dan bela Negara kepada pelajar adalah untuk meningkatkan wawasan kebangsaan bagi siswa dan siswi yang merupakan generasi muda penerus bangsa.

“Dengan harapan kegiatan Sosialisasi ini semoga para generasi muda memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme yang sangat tinggi serta memahami nilai-nilai yang terkandung dalam lima butir Pancasila, dan kemudian dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal”, tutup Pabung Kodim 1625.

WBN

Share It.....