WBN │Pemerintah Kelurahan Danga, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo menggelar Festival Kota Hijau Sehat atau Green City Rabu (15/12/2021) bertempat di Lapangan Sepeda, Kelurahan Danga.

Rangkuman media ini, Festival Kota Hijau Sehat dilaksanakan berkaitan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Nagekeo ke-15, meskipun ulang tahun Nagekeo jatuh pada tanggal 8 Desember.

Menurut Lurah Danga, Yohanes Lado, HUT ke-15 Nagekeo dirayakan pada tanggal 8 Desember, sedangkan festival sengaja dilakukan tanggal 15.

Dijelaskan, sesuai diskusi bersama Ketua LPMK dan beberapa Lembaga di Kelurahan Danga, perayaan HUT kedepan adalah pesta rakyat, dimulai dari ibu kota, lalu kecamatan.

Untuk kegiatan ini, lanjut Lurah Danga, panitia diketuai LPMK, Kanis Laking sebagai representasi masyarakat Danga. Pelaksanaan Festival bekerja sama dengan sejumlah Dinas, diantaranya Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pariwisata, Dinas Pertanian dan PUPR.

“Problem 15 tahun berdirinya Kabupaten Nagekeo adalah wajah kota, sehingga kami selaku pemerintah tingkat bawah mengusulkan kepada Bupati dan Lembaga DPRD melakukan konsensus kerakyatan, berpikir mengalokasikan anggaran 1 tahun fokus kota. Apakah terealisasi tahun 2022 atau 2023, kita minta hal ini dapat diperhatikan. Sebab, setiap tamu yang datang ke kota ini, yang disoroti adalah pemangku kebijakan. Kami di tingkat bawah hanya bisa memberikan dukungan sesuai kapasitas. Maka Kelurahan Danga mendorong kegiatan Kota Hijau sebab kota ini sangat panas, sore jam 15.00 suhu mencapai 36⁰C, pagi jam 06.00 suhu 26⁰C. Berangkat dari itu kami fokuskan tanam pohon untuk ruang terbuka hijau dengan titik starnya dari kantor lurah, sekolah-sekolah, dan perkantoran lainya”, urai Lurah Lurah Danga Yohanes Lado.

Syarat sebuah kota menurut Undang-undang nomor 26 tahun 2007, lanjut dia, harus ada ruang terbuka hijau. Karena itu Kelurahan Danga terus melakukan aksi nyata menanam pohon mulai dari pekarangan rumah warga, sekolah-sekolah hingga perkantoran untuk mewujudkan.

Ket.Foto : Lurah Danga : Yohanes Lado

WBN│Wil│Editor-Aurel

Share It.....