“Tempuh langkah nyata, dengan dukungan Walikota ,TTD (Tasikmalaja Tempo Doeloe) garap perbaikan Tugu Sejarah Batalyon Beruang Merah.” di Kota Tasikmalaya. Kawalu Tasikmalaya Sabtu (29/01/2022) , TTD memulai garapan perbaikan Tugu sejarah Batalyon Beruang Merah 3135, Hali ini dilakukan atas dasar Visi Misi TTD yang programnya melestarikan nilai-nilai sejarah.

Di prasasti Tugu tersebut tertulis bahwa pada Perang Kemerdekaan I sekitar Tahun 1947-1948 di lokasi ini
merupakan suatu Posko Batalyon Beruang Merah Diviisi Siliwangi, Batalyon tersebut dulunya merupakan penghadang musuh dari Sektor Tasikmalaya bagian Selatan, Kawalu, Cibeureum, Sukaraja Cibalong dan Karangnunggal, yang di Pimpin oleh Danyon Mayor Sani Lufias Abdurachman yang membawahi beberapa orang stafnya, yang mana Beliau saat ini usianya sudah menginjak 90 tahun lebih, dan bertempat tinggal di Bandung.

Dengan sangat merasa peduli dengan melihat kondisi Tugu yang bersejarah ini TTD pada Bidang Sejarahnya dengan sigap membentuk Tim untuk menempuh langkah langkah nyata guna memperbaikinya, dengan harapan untuk menumbuhkan semangat Nasionalisme para pejuang agar dapat di ikuti oleh para pengisi kemerdekaan di generasi saat ini dan generasi selanjutnya.

Bahkan Bukan Tugu Beruang Merah ini saja yang akan di perbaikinya, tapi masih ada tugu tugu bersejarah lainya yang banyak tersebar di kokab Tasikmalaya. ucap Nur Apandi (Galista) , ketua TTD saat di wawancara dan memantau para Tim yang bekerja.

Tentu Kami akan mengajak semua pihak agar sama-sama peduli dan rasa memiliki aset-aset sejarah yang ada di Kab. Tasikmalaya ini pungkasnya.

Reporter Hidayat Kabiro Tasikmalaya.

Share It.....