Dayeuhluhur Ganeas Sumedang Tempat Sakral dan Bersejarah

WBN | Sumedang, Jawa Barat – Dayeuh luhur adalah sebuah tempat yang terletak di kecamatan Ganeas.Kira-kira empat puluh lima menit jika melakukan perjalanan dari desa Ganeas. Dayeuh yang artinya kota dan luhur artinya adalah tinggi. Karena letaknya ditempat yang tinggi maka dinamakan Dayeuh luhur. (14/02)

Sejarah pernah mencatat bahwa di tempat ini pernah menjadi pusat pemerintahan kerajaan sumedang ketika melawan penjajahan belanda. Di tempat ini pula terdapat makam putri Haribaya istri dari Prabu Geusan Ulun.Karena itu tempat ini telah di kenal oleh masyarakat sumedang sebagai tempat wisata ziarah.

Sepanjang perjalanan ke tempat ini akan terlihat pemandangan yang indah. Di sisi kanan dan kiri maka akan terlihat bukit-bukit kecil nan elok. Setiap bulan muharam tiba maka tempat ini akan ramai di kunjungi oleh masyarakat Baik dari sumedang maupun dari kota lain.

Ada yang ziarah maupun hanya sekedar melihat-lihat. Dan di atas bukit ini terdapat pula peninggalan tongkat yang dikenal oleh masyarakat sumedang sebagai tongkat mbah jaya perkoso yang tak lain adalah patih dari kerajan sumedang Dan dari tempat inilah kita dapat melihat kota sumedang dan sekitarnya.
Ya semua itu adalah benar adanya. Namun sesungguhnya masih banyak lagi hal lainnya yang bisa kita telusuri tentang Sumedang ini. (Rina Kusmawati)

Share It.....