Gibran Rakabuming Raka Didaulat Sebagai Ki Sunda Utama Oleh Abah Anton Charliyan Di Padepokan Abah Umuh Sumedang

Warisanbudayanusantara.com | Sumedang – Gibran Rakabuming Raka mengunjungi Padepokan Abah Umuh di Desa Tanjung Sari Sumedang Jabar. Kehadiran Gibran disambut oleh Ketum Persib Bandung, Abah Umuh Mohtar, pada Jumat, 9 Februari 2024.



Kehadiran Gibran Rakabuming Raka yang adalah Calon Wakil Presiden Pasangan Calon Nomor Urut  2 disambut dengan acara khusus , didaulat oleh Irjen Pol Purn Anton Charliyan, mantan Kapolda Jabar, yang juga sebagai Ketua Umum Gernas GNPP Prabowo Gibran dan juga sebagai Tokoh Budaya Jawa Barat Banten, sekaligus Ketua Umum Pupuhu Utama Lintas Budaya Nusantara, Majelis Tritangtu, dan Forum Sunda Sabuana.

Gibran Rakabuming diberikan gelar sebagai Ki Sunda Utama, yaitu Warga kehormatan Sunda Utama.

Abah Anton yang juga sebagai Ketua Dewan Pembina Projo Jabar ketika ditanya awak media, mengatakan dengan penobatan Gibran sebagai Ki Sunda Utama, selanjutnya Gibran Rakabuming resmi sebagai Warga Sunda dan boleh disebut Akang Gibran.

“Sehingga dengan demikian warga masyarakat Sunda dimanapun juga berada , tidak boleh ragu-ragu mencoblos Akang Gibran sebagai sesama saudara Urang Sunda”, ujar Abah Anton Charliyan..

Adapun yang diberikan dalam acara pelantikan tersebut antara lain Ikat Sunda dengan logo Maung. Selempang Sunda Sabuana ditambah Pin Kujang sebagai perkakas khas Urang Sunda .

Dalam acara tersebut ribuan massa spontan menyambut dengan histeris kedatangan Kang Mas Gibran Rakabuming sebagai calon wakil presiden.

Usai didaulat sebagai Ki Sunda utama langsung disambut nyanyian lagu : ” Ulah Hilap Prabowo Gibran” yang begitu semangat di gemakan emak-emak dan milenia.

Diketahui, kedatangan Gibran ke Padepokan Abah Umuh atas kehendak sendiri yakni untuk bersilaturahmi dengan para tokoh Jabar, khususnya Abah Haji Umuh yang juga Ketum Persib Bandung.

Acara berlangsung sangat meriah. Kang Mas Gibran ketika diberikan kesempatan memberikan sambutan mengatakan, jangan lupa untuk tanggal 14 Februari untuk datang ke TPS mencoblos Paslon No mor 2, percuma survei tinggi, tetapi apabila tidak mencoblos, sama saja dengan bohong. Gibran juga mengucapkan terimakasih atas sambutan masyarakat serta penobatan sebagai Ki Sunda Utama.



Adapun yang hadir mengikuti acara, selain Anton Charliyan dan Umuh Mohtar, terlihat Giring Nizi Mantan Ketum PSI, Mugi Sujana Ketum Ormas BBC, Iwan Ridwan Kadiv Gernas antar Lembaga. Erwan Mantan Wabup Sumedang , Hadi Permana KA Staf Gernas GNPP dan para tokoh lainnya.

Acara walaupun singkat tetapi berlangsung penuh semangat dan sangat antusias.( RED)

Share It.....