WBN | Kota Tasikmalaya -Pasukan Siliwangi lahir pada tanggal 20 Mei 1946, yang juga bertepatan dengan hari kebangkitan Nasional. Monumen berdirinya pasukan siliwangi berlokasi tepat di Jalan Otto Iskandardinata atau depan alun-alun Kota Tasikmalaya.

Tapi sangat disayangkan Monumen tersebut kurang perawatan seperti tulisan di prasasti nya yang sudah buram, padahal yang meresmikan monumen tersebut adalah Jendral Besar Abdul Haris Nasution.


Selain tulisan di prasastinya yang sudah buram yang paling mencolok adalah panji Siliwangi nya yang sudah patah dan saat ini disimpan di pinggir pagar. Mungkin sudah beberapa bulan panji siliwangi tersebut patah. Tapi hingga saat ini instansi terkait belum memperbaikinya.

Monumen berdirinya pasukan siliwangi tersebut merupakan asset sejarah yang ada di kota Tasikmalaya dan Jawa Barat. Seharusnya kita menjaga dan melestarikan asset bersejarah tersebut. Mudah mudahan Bapak Pangdam 3 Siliwangi cepat merespon dan mengambil tindakan untuk memperbaiki Monumen tersebut yang kurang terawat. Karena Monumen tersebut merupakan tonggak awal sejarah perjuangan pasukan Siliwangi beserta rakyat Jawa Barat dalam mengusir penjajah dari bumi nusantara.
(Hidayat Kabiro Tasikmalaya).

Share It.....