Covid-19, Waspada Sembako, Pemda Ende Flores Jalankan Operasi Pasar

WBN NTT│Pemerintah Daerah Kabupaten Ende, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur, melalui surat resmi Dinas Perdagangan dan Perindustrian, tanggal 6 April 2020, sebagai tindak lanjut Surat Bupati Ende, perihal dukungan Pelaksanaan Operasi Pasar, dalam dinamika yang berkembang di tengah masyarakat atas wabah Covid-19 Coronavirus, yang berdamnpak pada keterbatasan pasokan sembako dan beberapa jenis sembako mengalami kelangkaan maupun kenaikan harga, karenaitu Pemerintah Daerah Kabupaten Ende melaui Dinas terkait memerintahkan untuk melakukan operasi pasar.

Sebagimana lampiran foto surat dalam berita ini, Pemda Ende Flores, menmerintahkan untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan akan sembilan bahan bahan pokok (sembako), maka forum BULOG Kantor Cabang Ende Flores bersama Dinas Perdagangan dan Perindustrian setempat memerintahkan melakukan operasi pasar di wilayah kecamatan masing-masing.

Berikut daftar jenis dan harga sembako yang dipasarkan, yakni Beras Medium Rp.9.000 per Kilo gram, untuk paket 50 Kg, Beras Medium Rp.9.500 per Kilo gram untuk paket 10 Kg, Beras Premium Rp.11.000 Kilo gram untuk paket 10 Kg.

Gula Pasir Rp.19.000 per Kilo gram, untuk paket 1kg, Minyak Goren Rp.13.000, kemasan 1 liter, Tepung Terigu 9 Kg, kemasan 1 Kg.

Selanjutnya, seluruh Kepala Desa diperintahkan untuk mendata kebutuhan sembako setiap KK dan meminta masyarakat menyediakan uang sesuai pesanan.

Seluruh Kepala Desa diperintahkan mengirimkan data kepada masing-masing Kecamatan, berikutnya Kecamatan merekap dan mengirimkan data kepada Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Ende.

Langkah selanjutnya dijabarkan, Dinas Dinas Perdagangan dan Perindustrian berkoordinasi dengan Perum BULOG untuk dilakukan pengepakan sesuai kebutuhan Kecamatan dan Desa-Desa, dan berikutnya Dinas Perdagangan dan Perindustrian akan mengantar sembako ke masing-masing Kecamatan.

Setelahitu, Desa-Desa melakukan distribusi kepada keluarga-keluarga masyarakat dalam wilayah Desa masing-masing.

Rangkuman informasi lapangan (7/4/2020), sebagai langkah penjabaran, Camat Detukeli Kabupaten Ende, Mansoitus Bana mengungkapkan pihaknya tengah membangun berkoordinasi cepat dengan seluruh Pemerintah Desa dalam wilayah Kecamatan guna menindaklanjut agenda Operasi Pasar Sembako*.

Tim WBN NTT│Aurel Do’o│redpel-Indra