Wamen Budi Arie Resmikan Rumah Keong Pusat Pengembangan Produk Desa

WBN, BALI – Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), resmikan Rumah Keong yang menjadi pusat pengembangan produk pertanian warga desa di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Bali. Jumat (04/09).

 

Budi Arie berharap Rumah Keong tersebut dapat mengundang wisatawan yang selama ini hanya terpusat di Pantai Kuta dan Denpasar. Sementara Desa Wisata di Kabupaten lainnya sangat banyak yang tidak kalah menarik.

“Potensi ini harus dimaksimalkan melalui pemberdayaan kapasitas masyarakat desa dengan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Budi Arie di Klungkung, Bali.

 

Budi Arie melanjutkan, Kecamatan Nusa Peninda sangat strategis, selain geografisnya yang berdekatan dengan Pantai Kuta ia juga memiliki sumber daya alam yang melimpah dan eksotis.

 

Menurut dia, tanda-tanda desa maju itu ada tiga diantaranya pertanian, perikanan dan wisata. Ketiga kategori tersebut ada di Kecamatan Nusa Peninda, hanya saja perlu dikembangkan untuk memikat wisatawan baik dari lokal maupun mancanegara.

 

“Ketiga kategori itu ada di kabupaten Klungkung, harusnya maju. Punya tiga sektor unggulan, bahkan bisa menjadi contoh kemajuan desa lainnya,” pungkasnya.

 

Sebelumnya, Budi Arie didampingi sang istri Zara Murzandina dan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta meninjau Balai Latihan Masyarakat (BLM) yang berlokasi di Seminyak, Kabupaten Badung, Bali.

 

Kunjungannya itu dalam rangka memastikan fasilitas BLM dimanfaatkan dan proses pelatihan. Budi Arie juga menyempatkan diri melihat tanaman hidroponik yang berada di halaman belakang BLM.

NN |redpel ndra