Hajat Buruan Ngumpak Galunggung di Batu Mahpar Berlangsung Meriah

WBN, Tasikmalaya – Acara yang diprakarsai oleh Irjen pol purn Dr. H. Anton Charliyan Mpkn. Bertempat di batu mahpar Galunggung 8 November 2020 dihadiri oleh para pupuhu, kasepuhan, tokoh budaya, padepokan serta paguyuban juga komunitas budaya dari berbagai daerah di Tasikmalaya.

Terutama masyarakat dari daerah disekitar gunung Galunggung. Acara tersebut diawali dengan sholawat nabi yang bertepatan dengan maulid nabi besar Muhammad Saw. Acara digelar dengan pawai dari berbagai padepokan & paguyuban dengan membawa pusaka serta dengan membawa berbagai makanan asi tumpeng serta makanan tradisional sebagai rasa syukur terhadap sang maha pencipta.

 

Anton mengatakan bahwa dengan acara tsb ” dapat menyatukan serta menjaga kabuyutan sesuai amanat leluhur galunggung, menjaga tali silaturahmi & persaudaraan, tetap menjaga pendirian, membersihkan diri dan menyucikan hati serta melestarikan alam” ungkapnya. Selain membersihkan pusaka/ pakarang diantaranya bedog galonggong Manonjaya warisan leluhur sukapura juga dilaksanakan muludan Akbar.

Anton berharap ” kedepan acara tersebut bisa diagendakan menjadi acara rutin tahunan bahkan menjadi agenda pariwisata nasional tahunan ” ungkapnya. ( Hidayat biro Tasikmalaya).