Giat Koordinasi Kapolsek Cihideung Kompol H. Zenal dengan Kepala Puskesmas Kec. Cihideung, Rencana Kedatangan Vaksin Sinovac

WBN, Kota Tasikmalaya-Kegiatan tersebut dilaksanakan Pada hari Rabu tgl. 06 Januari 2021 sekira pukul 09.45.wib, bertempat di Kantor Puskesmas Cihideung. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolsek Cihideung

(Kompol H. Zenal Muttaqin), Panit Sabhara

(Iptu H.M. Suryo), Panit I Intelkam (Ipda Yudi Asmara), telah melaksanakan koordinasi dengan Siti Hotimah (Kepala Puskesmas), Camat Cihideung

( Drs. H. Sony, MSi ), terkait rencana kedatangan vaksin sinovac (Covid19) di wilayah Hukum Polsek Cihideung Kota Tasikmalaya.

Hasil rapat imunisasi yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya yang dihadiri oleh para dokter dan bidang koordinasi dari dinas kesehatan, dengan hasil sbb :

 

a. Bahwa vaksin sinovac telah mendapat izin penggunaan darurat oleh BPOM.

b. Hari selasa tgl 05 januari 2021 logistik vaksin beserta APD sudah sampai di Gudang Farmasi Dinkes Kota Tasikmalaya.

c. Peserta yang sudah mendapat SMS dari peduli covid dalam beberapa hari ke depan akan di sms lagi untuk registrasi apakah bersedia dan memilih faskes tempat penyuntikan

d. Hari Jumat tanggal 8 Januari 2021 Rencananya akan dilakukan simulasi pelaksanaan vaksinasi covid di PKM Kel. Kersanagara dengan peserta dokter, korim dan petugas p care.

e. Adanya rencana pelaksanaan untuk vaksinasi sinovac (Covid 19) akan dimulai tgl 14 Januari 2021.

Dilaksanakan koordinasi dengan Kepala Puskesmas Cihideung tersebut merupakan bentuk tindak lanjut perintah Pimpinan sehubungan dengan adanya

rencana kedatangan vaksin Sinovac (Covid19) di wilayah hukum Polsek Cihideung Kota Tasikmalaya, karena saat ini vaksin tersebut sudah berada di Dinas kesehatan Kota Tasikmalaya.

Sasaran yang diprioritaskan mendapatkan suntikan vaksin Sinovac (Covid-19) hasil pengadaan tahap pertama ini adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan dan tenaga penunjang yang bekerja di fasilitas layanan kesehatan.

Sebelum vaksin resmi disuntikkan ke penerima, akan dilakukan simulasi terlebih dahulu di internal layanan kesehatan. Kapolsek Cihideung Kompol H. Zenal Muttaqin menjelaskan “Simulasi tersebut dilakukan di seluruh Puskesmas di Kota Tasikmalaya, khususnya di Puskesmas Cihideung.

Di tengah kabar baik kedatangan vaksin sinovac ( Covid-19 ) khususnya di wilayah hukum Polsek Cihideung, protokol kesehatan 3M terus ditegakkan oleh masyarakat tanpa terkecuali, karena merupakan kunci untuk memutus mata rantai Penularan Covid-19

Apabila Vaksin tersebut terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan keamanannya oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), karena dikhawatirkan

BPOM tidak akan mengeluarkan izin edar darurat sehingga vaksin sinovac tersebut belum siap untuk disuntikkan ke masyarakat, sebab butuh waktu sekitar tiga hingga empat pekan bagi BPOM untuk mengkaji dan mengeluarkan izin edar darurat vaksin tersebut.

Seluruh prosedur harus dilalui dengan baik dalam rangka menjamin kesehatan dan keselamatan masyarakat serta efektivitas vaksin. Pertimbangan ilmiah, hasil uji klinis, ini akan menentukan kapan vaksinasi bisa dimulai sehingga tidak terjadi kekhawatiran terkait kedatangannya dengan adanya informasi yang simpang siur.

Dengan adanya penambahan kasus covid-19 di Kota Tasikmalaya, khususnya di wilayah Cihideung kota Tasikmalaya, akan berpengaruh kepada rencana kegiatan vaksinasi yang telah lama direncanakan oleh pemerintah sehingga bilamana tidak dikomunikasikan dikhawatirkan akan terjadinya gejolak / kecemasan dimasyarakat.

Melakukan monitoring terhadap kisaran suara dari warga yang berada di Wilayah Polsek Cihideung. Melakukan penggalangan dengan Tomas dan toga karena adanya rencana kedatangan vaksin sinovac ( Covid19 ) dan memercayakan sepenuhnya kepada pemerintah dan aparat kepolisian bilamana ada hal hal yang dapat menganggu jalannya rencana proses pelaksanaan Vaksin Sinovac ( Covid19 ) tersebut.

Melaksanakan koordinasi dengan dinas kesehatan dan aparatur pemerintah di tingkat kecamatan terkait rencana kedatangan vaksin sinovac (Covid19 ) serta melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar lokasi pemberian vaksin sinovac ( Covid-19 )

Meningkatkan pamtup dan himbauan dengan mengedepankan bhabinkamtibmas serta fungsi Intel terhadap kisaran suara terkait dengan adanya rencana kedatangan vaksin sinovac ( Covid19 ) dan penekanan dan bahaya dari Covid-19 mengingat situasi saat ini banyak pemberitaan di media elektronik, cetak dan media sosial” ungkapnya. ( Hidayat biro Tasikmalaya ).

Bagikan Info ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •