Dukung UKM Produktif, PLN Resmikan Dua Rumah BUMN Muna dan Muna Barat

Muna Barat, 18 November 2020 – PT PLN (Persero) terus berkomitmen mendukung para pelaku UKM dalam mengembangkan usaha kecil mikro dan menengah serta pemberdayaan ekonomi kerakyatan. Untuk itu, PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmikan Dua Rumah BUMN binaan PLN, yakni Muna dan Muna Barat di lokasi yang berbeda.

Untuk Rumah BUMN Muna berlokasi di Jalan Dokter Sutomo Raha, Depan Rujab Polres. Sedangkan Rumah BUMN Muna Barat berlokasi di Jalan Poros Pondasi dekat Kantor Pelayanan Tikep.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Senior Manager SDM & Umum, Mundhakir, Manager PLN UP3 Baubau, Agus Susanto serta Sekda Kab. Muna Barat, Laode Muhammad Husein Tali.

“Rumah BUMN Muna dan Muna Barat diharapkan dapat menjadi wadah untuk para pelaku UMKM untuk mengembangkan kualitas usaha berbekal pelatihan yang berjenjang dan terstruktur sesuai kebutuhan masing-masing serta menjadi sentra edukasi dan digitalisasi usaha para pelaku UMKM di wilayah Muna dan Muna Barat,” ujar Senior Manager SDM & Umum, Mundhakir.

Tumbuhnya UMKM dibawah payung Rumah BUMN Muna dan Muna Barat ini nantinya akan berdampak positif pula pada ekonomi masyarakat setempat.

Diresmikannya Rumah BUMN binaan PLN melalui PLN Peduli ini sejalan dengan rencana Pemerintah Daerah dalam upayanya untuk digitalisasi usaha UMKM utamanya dalam mempromosikan produk maupun jasa lokal.

“Dukungan dari dinas terkait lainnya pun menjadi sangat berarti untuk memajukan UMKM yang berada dibawah naungan Rumah BUMN Muna Barat ini,” jelas Sekda Kab. Muna Barat, Laode Muhammad Husein Tali.

RKB Muna dan Muna Barat yang dikelola oleh PLN Unit Induk Wilayah Sulselrabar untuk melakukan program pembinaan, pendampingan usaha, pelatihan rutin dan pengelolaan ruang pameran produk yang merupakan serangkaian kegiatan untuk menambah pengetahuan serta keterampilan para pelaku UMKM dalam mendorong perkembangan usahanya.

Peresmian Rumah BUMN Muna Barat disambut baik oleh para pelaku UMKM dan masyarakat setempat. Mereka mengaku terbantu dengan kehadiran Rumah BUMN dan berharap diberikan pelatihan guna meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan dan pariwisata yang ada di Selayar.

“Dengan adanya Rumah BUMN PLN ini, akan membantu kami dalam pemasaran produk UMKM. Mudah-mudahan kedepannya ada program dari Rumah BUMN yang berupa pelatihan-pelatihan yang diberikan kepada UMKM, unthk membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pelaku UMKM yang tergabung dalam Rumah BUMN ini,” ungkap Surahman salah satu pelaku bisnis Percetakan dan VCO di Muna Barat.

Herman