Keterangan Jubir Gugus Tugas Covid-19 NTT Terkait Meninggalnya Staf Ahli Gubernur Dan Update Kesehatan Pemimpin NTT

WBN │Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pencegahan Covid-19 Coronavirus Provinsi NTT, Marianus Jelamu dalam jawaban wawancara redaksi media ini (14/1), mengatakan riwayat medis kematian Staf Ahli Gubernur NTT Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ferdi Kapitan pada tanggal (13/1) yang langsung dimakamkan juga pada hari yang sama di Kupang, memiliki riwayat sakit lambung akut, demam tinggi, sesak nafas dan penumpukan cairan di leher.

“Riwayat Medis Almarhum adalah Lambung Akut, Demam Tinggi, Sesak Nafas. Kemudian ada penumpukan cairan di leher. Terkait covid-19, ya, mungkin ada dugaan-dugaan demikian. Kami belum dapatkan hasil final dari rumah sakit Wira Sakti yang merawat pasien. Yang sudah diketahui saat ini, yaitu untuk isteri dan anak-anak almarhum, data test antigen mereka hasilnya non reaktif”, ungkap Marianus Jelamu.

Ditambahkan, pemakaman langsung dilakukan pada hari yang sama, bertempat di halaman rumah almarhum Ferdi Kapitan.  Berdasarkan data yang dimiliki Pemprov NTT, proses pemakaman biasa atau normal.

Selamat jalan Ferdi Kapitan. Damai Allah menyambut peristirahatan jiwa

Perkembangan Kesehatan Gubernur NTT dan Wakil Gubernur

Kepada WBN  (14/1) Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pencegahan Covid-19 Coronavirus Provinsi NTT, Marianus Jelamu mengabarkan update perkembangan kondisi kesehatan Gubernur NTT Viktor Laiskodat dan Wakil Gubernur Josef Nae Soi per tanggal 14 Januari, dalam keadaan baik-baik dan menjalani isolasi kesehatan covid-19 coronavirus.

“Perkembangan Pa Gubernur dan Wakil Gubernur dalam kondisi stabil dan baik-baik saja. Pa Gubernur dan Wakil Gubernur menjalani isolasi kesehatan sesui SOP covid-19 coronavirus”, kata Marianus Jelamu.

Diberitakan sebelumnya, Dua Pemimpin Provinsi NTT, Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto Jakarta usai dinyatakan positif tertular Covid-19.

Sebelumnya, Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi pada Senin (11/1) mengumumkan positif terserang Covid-19. Wagub Josef Nae Soi mengumumkan positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan spesimen usap saluran nafas untuk mendeteksi infeksi virus Corona tipe baru dan langsung jalani isolasi mandiri.

Sekretaris Daerah Provinsi NTT, Benediktus Polo Maing kepada para media di Kota Kupang, NTT (13/1/2021), memastikan, Gubernur NTT dalam keadaan baik.

“Pa Gubernur secara fisik sehat, dan memilih melakukan isolasi di Rumah Sakit,” demikian keterangan Pemprov NTT melalui Sekretaris Daerah Provinsi NTT, Benediktus Polo Maing.

Sesuai jadwal perjalanan, Gubernur NTT dijadwalkan kembali ke Kota Kupang NTT, tetapi dengan keluarnya hasil pemeriksaan Hari Selasa (12/1) yang menyatakan hasil positif terinfeksi Covid-19, maka dibatalkan.

Rangkuman data informasi di peroleh media ini (13/1), sebelum berangkat Dinas ke Jakarta, Gubernur NTT Viktor Laiskodat sudah melakukan pemeriksaan kesehatan sesuai standart prokes dan hasilnya negatif.

Sementara terkait Wakil Gubernur Josef Nae Soi, sebelumnya sopir dan ajudan dinyatakan positif Covid-19. Wakil Gubernur Josef Nae Soi akhirnya melakukan pemeriksaan spesimen usap saluran nafas dan hasilnya terinfeksi Covid-19.

Status kesehatan Wagub Josef Nae Soi diumumkan melalui rilis publik (11/1/2021).

“Sejak dinyatakan positif, saya lakukan isolasi mandiri dan juga semua anggota keluarga dilakukan test antigen dan swab” urai Wagub NTT Josef Nae Soi.

Dihimbau kepada sesama yang pernah bertemu atau kontak langsung, agar menjalani pemeriksaan medis guna mendeteksi penularan Covid-19 Coronavirus.

WBN │redpel aurel – ndra