Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Kecamatan Detukeli Ende, Kapus Vaksin Pertama Bersama 14 Nakes

WBN │Kecamatan Detukeli, Kabupaten Ende, Flores, Provinsi NTT secara resmi melaksanakan Pencanangan Vaksinasi Covid-19, bertempat di Puskesmas Watunggere, Desa Maurole Selatan, Rabu (10/2).

Dihimpun redaksi media ini (10/2), gelar pencanangan vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan dengan penanggungjawab kegiatan Kepala Puskesmas Watunggere, Serafinus Sage, S.KM, dihadiri sejumlah pihak penting, diantaranya Camat Detukeli Mansoitu Bana, Kepala Bidang Yankes Dinkes Kabupaten Ende Habentius R Mau, SK.M, Anggota DPRD Ende Vinsen Sangu, Pastor Paroki Detukeli P.Charles Beraf, SVD, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta para Kepala Desa wilayah Kecamatan Detukeli.

Sebagaimana tujuan vaksinasi covid-19 adalah untuk mewujudkan masyarakat bebas dari covid-19 dengan vaksinasi Sinovac, Kepala Puskesmas Watunggere, Serafinus Sage, S.KM dalam pernyataannya menguraikan vaksin sinovac diberikan secara bertahap.

Tahap pertama, kata Serafinus Sage, diberikan kpada seluruh Tenaga Kesehatan. Berikutnya, tahap dua untuk Pejabat Publik, ASN, Aparat Keamanan dan Tokoh Agama. Tahap tiga untuk masyarakat umum.

“Vaksinasi akan diberikan 2 kali dengan tenggang waktu vaksinasi kedua adalah 14 hari pasca vaksinasi pertama. Hari ini telah divaksin 15 Tenaga Kesehatan di Puskesmas Watunggere sesuai kuota vaksin yg diberikan dari Dinkes”, tandas Kepala Puskesmas Watunggere, Serafinus Sage, S.KM.

Sementaraitu, Camat Detukeli, Mansoitus Bana dalam keterang kegiatan menegaskan program vaksinasi covid- 19 adalah cara Pemerintah melindungi warga terhadap Covid-19.

“Vaksinasi merupakan upaya Pemerintah melindungi warga. karenaitu  masyarakat wajib memperolehnya dan harus didahului dengan sosialisasi oleh Satgas Kecamatan dengan jadwal yang sudah dikirim kepada seluruh Pemerintah Desa”, tegas Camat Detukeli, Mansoitus Bana.

Dikutip redaksi berita, Kabid Yankes Kabupaten Ende, SK.M dalam kesempatan yang sama memastikan Dinas Kesehatan Kabupaten Ende berkomitmen mensukseskan program vaksinasi covid-19.

Pemda Ende melalui Kabid Yankes Kabupaten Ende juga menerangkan, Tenaga Kesehatan sebagai kelompok yang sangat rentan tertular covid-19, wajib dilindungi seluruhnya dengan melakukan vaksinasi.

“Untuk Kabupaten Ende, program vaksinasi mulai dicanangkan pada tanggal 4 Februari 2021, mulai tanggal 8 Februari 2021 dan seterusnya dilakukan pencanangan dan pelaksanaan vaksinasi tingkat Kecamatan”, ungkap Kabid Yankes, SK.M.

Rangkuman lapangan, Anggota DPRD Ende yasng hadir dalam kegiatan pencanangan ini, Vinsen Sangu menyatakan mendukung penuh program vaksinasi dengan harapan dapat memberi perlindungan, terutama kelompok rentan separti Tenaga Kesehatan.

Kepala Puskesmas Watunggere, Serafinus Sage, S.KM berharap masyarakat tidak perlu takut dengan vaksin Sinovac Covid-19.

“Hari ini saya sebagai Kepala Puskesmas menjadi orang pertama yang disuntik di Kecamatan Detukeli dan saya mengajak masyarakat mendukung program vaksinasi ini untuk melindungi diri dari wabah covid-19. Ingat, walaupun sudah divaksin, Protokol Kesehatan wajib ditaati di manapun berada.  Masyarakat tidak perlu takut dengan vaksin Sinovac Covid-19 sebab vaksinasi bertujuan untuk kesehatan masyarakat”, tutup Kepala Puskesmas Watunggere, Serafinus Sage, S.KM.

WBN │Editor / Aurel Do’o│Redpel Aurel – Hendra

Share It.....