Pengabdian Bidan Desa Yang Bekerja Sebagai Petugas Kesehatan Sukarela Di Puskesmas Tehoru 

 

WBN, Maluku Tengah – Kikih Armayanti Arifin,A.Md.Keb.,seorang petugas kesehatan sukarela yang bekerja di Puskesmas Perawatan Tehoru yang diperbantukan di Poskesdes Namasula Negeri Haya Kecamatan Tehoru. Rabu (17/02/21).

 

Selama bekerja sebagai petugas kesehatan sukarela, ia selalu melakukan pendekatan dengan berbagai hal yang dilakukan antara lain, melakukan promosi kesehatan door to door terkait kebersihan lingkungan, pentingnya mengikuti posyandu ibu hamil, anak dibawah umur lima tahun dan pentingnya melahirkan dipelayanan kesehatan.

 

Berdasarkan pantauan awak media melalui salah satu warga yang di rawat sekaligus yang melahirkan di Poskesdes, Atika (21) mengatakan, rasa senangnya akan pelayanan ibu Kikih sebagai petugas sukarela kesehatan yang diperbantukan dari Puskesmas Perawatan Kesehatan Tehoru, yang mana proses melahirkannya merupakan yang kedua kalinya di Poskesdes pada hari Rabu (16/02) dari pukul 20: 00 s/d 24:00 WIT tadi malam.

” Saya merasa senang akan pelayanan ibu Kikih yang begitu memahami akan kondisi ibu hamil, apalagi saya sudah termasuk melahirkan untuk yang kedua kalinya di Poskesdes ini,” ungkap ibu Atika.

 

Program yang dilakukan dari Puskesmas Perawatan Tehoru melalui Poskesdes Namasula yang diterapkan ibu Kikih secara kontinyu, yakni dengan melakukan promosi kesehatan door to door, dan pentingnya melahirkan di fasilitas kesehatan.

 

“Setiap pasien melahirkan wajib mengikuti pemulihan selama 6 jam sekalipun itu pasien dari luar wilayah kerjanya wajib mengikuti,” tutur Kikih.

 

“Sementara ada lagi ibu hamil yang mau melahirkan yang sudah ada di Poskesdes hari ini sedang dalam pelayanan, sedangkan yang ibu hamil satunya sudah melahirkan sejak tadi malam,”lanjut Kikih.

 

Kikih menambahkan, setiap ada pasien yang datang ke Pelayanan Kesehatan melalui Poskedes ini baik pasien ibu hamil maupun lainnya, mereka (pengunjung) berbondong-bondong ke tempat pelayanan kesehatan untuk menjenguk harus mengikuti prokes,yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. (RW)

Bagikan Info ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •