NTT Tuai Kelalaian Sekolah, Rp 1 M Lebih Dana BOS 2019 Belum Tersalur

WBN│ Sedikitnya Rp. 1.064.800.000 Biaya Operasional Sekolah (BOS) tahun anggaran 2019 tingkat SD dan SMP akumulasi sejumlah kabupaten di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur belum tersalur hingga Juni 2021. Hal ini disebabkan oleh sekolah salah menginput nomor rekening pada data pokok pendidikan atau Dapodik.

Data ini diketahui dari rangkuman Rapat Dengar Pendapat Komisi V DPRD Provinsi NTT bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Linus Lusi,S.Pd.,M.Pd tanggal 9 Mei 2021 di Kupang, NTT.

Selain dipicu oleh kesalahan sekolah dalam menginput nomor rekening pada data pokok pendidikan atau Dapodik, rangkuman media ini juga ditemukan penyebab lambat serapan dana BOS diakibatkan oleh kelalaian sekolah memenuhi tugas pelaporan penggunaan Dana BOS dan juga kepala batu menunaikan kewajiban disiplin anggaran dan disiplin pelaporan sesuai petunjuk dan regulasi.

Selain menuai keterlambatan penyaluran atau serapan dana BOS tahun 2019, Provinsi NTT juga dihadapkan dengan hambatan susulan serapan BOS tahun anggaran 2020, masih ada sekolah yang belum tersalur atau serap dana BOS tahun 2020, berikutnya akumulasi mandeg juga BOS termin I tahun 2021 hingga Juni 2021 tuai data banyak sekolah belum serap hingga memasuki pertengahan Juni 2021.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Linus Lusi,S.Pd.,M.Pd tanggal 9 Mei 2021 di Kupang, NTT dalam materi Rapat Dengar Pendapat Komisi V DPRD Provinsi NTT, (9/5/2021) mengungkapkan, berdasarkan hasil koordinasi dengan Bank NTT terdapat 40 (empat puluh) sekolah yang belum disalurkan Dana BOS tahun 2019 dengan total anggaran sebesar Rp. 1.064.800.000.

Dikutip WBN, terhadap sisa Dana BOS Tahun 2019 yang belum ditransfer, akan segera ditransfer ke rekening sekolah, sedangkan untuk nilai sebesar Rp. 81.640.000, akan dilakukan koordinasi dengan Bank NTT untuk mendapatkan data yang sebenarnya dan selanjutnya ditransfer ke masing-masing Sekolah penerima Dana BOS.

Berikut data lengkap sekolah-sekolah di wilayah NTT yang belum tersalur Dana BOS tahun 2019 untuk termin tertentu BOS 2019 belum terserap.

Kabupaten Sikka : SDI Keduwair, Kabupaten Alor : SDN Warbadi, SD GMIT Puntaru, SDI Kalangmana, SDI Beangonong.
Kabupaten Ngada : SDI Tedhing, SDK Warukia. Kabupaten TTU : SDN Oebkin.

Kabupaten Belu : SDM Lianain, SDK Lewalu, SDK Sarabau. Kabupaten Flotim : SDI Kalike, SDI Lewopao, SDI Kolimasang, SMPN Panca Marga,SDN Lewopao, SDI Buranilan, SDI Bugalima.

Kabupaten Sumba Barat Daya : SDN Kalembu Maliti, Kabupaten Kupang SDN Saha, SDN Nainefo 2. Kabupaten Sumba Timur : SD Masehi Kamanggi, SMPN 2 Pahunga Lodu.

Kabupaten Ende : SDI Kurumboro, SDK Kombandaru, SDK Tanajea, SDN Kobaleba, SDI Ratesuba, SDN Kurupoke, SDN Wologami, SDI Mautenda, SDN Turunalu, SDK Kekasewa, SDI Metinumba 1, SDI Rojabai, SDN Puutara, SDI Mbuliloo, SDI Rendomaupandi, SDI Watubewa.

Rangkuman Tim WBN│Editor-Aurel

Bagikan Info ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •