Warga Waspada, Ngada Luapan Baru Lumpur Panas Wilayah Jerebuu

WBN│ Penghujung April 2022, Netizen Kabupaten Ngada dan sejumlah daerah di Pulau Flores, NTT dihebohkan usai muncul kabar video viral yang diberi keterangan Tempat Pemandian Air Panas Malanage Tercemar.

Diketahui, Tempat Pemandian Air Panas Malnege terletak di wilayah Desa Dariwali Kecamatan Jerebuu, Kabupaten Ngada, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Video diunggah pertama kali oleh halaman facebook DONNA TV, kemudian viral disebar luas warga Netizen Ngada Flores sejak Sabtu, 23 April 2022

Seperti keterangan video, disebutkan penyebab luapan lumpur diduga dipicu oleh pemboran Panas Bumi di Nage, Desa Dariwali Kecamatan Jerebuu. Pasalnya, lokasi pemboran berada di tempat yang lebih tinggi, terjadi luapan lumpur panas dan gas lalu mengalir ke badan jalan hingga memasuki area perkebunan coklat milik warga setempat.

Keterangan video menjelaskan bahwa hingga video di ambil pada tanggal 23 April 2022 belum ada upaya penanganan dari pihak manapun.

Pantauan WBN hingga Minggu (24/04/2022), belum ada rilis keterangan resmi dari para pihak terkait di daerah atas kejadian ini, ataupun penjelasan akurat oleh pihak-pihak yang bertanggungjawab.

Sebelumnya, diberitakan sejumlah edisi media ini menurunkan kabar proyek pengeboran Panas Bumi Daratei di Desa Ulubelu Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada, Flores telah berdampak langsung pada kerusakan parah puluhan hektar lahan pertanian warga, usai muncul belasan hingga puluhan titik luapan lumpur berserta gas dan belerang yang bermula dari titik lokasi pemboran.

Dampak langsung menimpa tanaman pertanian perkebunan warga, kesehatan manusia dan hewan ternak. Tanpa kecuali atap seng rumah-rumah warga mudah karat dan rusak akibat gas.

Update WBN, (24/04/2022), menurut masyarakat setempat sudah ada langkah ganti rugi tanah warga yang terkena dampak bencana lumpur Daratei, namun belum diketahui apakah sudah dilakukan secara menyeluruh atau belum.

Sejumlah warga di radius Daratei juga mengaku bahwa masih ada lahan terdampak yang belum diketahui nasibnya, apakah akan diganti rugi atau dibiarkan bergitu saja.

Kabar Video :

WBN│Editor-Aurel

Share It.....