Sosok Penenun Pakaian Adat Ngada Yang Dikenakan Presiden Jokowi

WBN │Di balik kemeriahan sambutan kedatangan Presiden RI Ir.H Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Ngada, tanggal 1 Juni 2022, ada sejumlah kisah lain dibalik peristiwa, misalnya Sosok Penenun Pakaian Adat Ngada yang dikenakan oleh Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Joko Widodo.

Seorang Ibu tua berusia 76 tahun asal Kampung Langa, Kecamatan Bajawa, Ngada, Monika Ngadha adalah sosok yang diminta khusus oleh Bupati Ngada, Paru Andreas, untuk menenun pakaian Adat Ngada yang akan dikenakan saat Presiden dan Ibu Negara menjejakan kaki di Kabupaten Ngada.

Tidak seperti tenunan biasa, ternyata tenunan pakaian adat untuk orang nomor satu Indonesia, masa pembuatan tenunan ternyata selama iga bulan dan bahan-bahan bahan pewarnanya pun diambil dari produk alam yang dicari di hutan belukar.

Dalam proses pembuatan tenun untuk Presiden, Monika Ngadha juga dibantu oleh Kelompok Tenun Indigo, sang suami, Petrus Djawa Suri (83th) bersama anak-anak mereka.

Ikuti liputan khusus Crew Pers Warisan Budaya Nusantara, Wilibrodus No, Sosok Penenun Pakaian Adat Ngada yang dikenakan Presiden Jokowi dan Ibu Negara.

Simak Siaran Liputan WBN berikut ini :

WBN│Wilibrodus Wu No │Editor-Aurel

Share It.....