Barongko Merupakan Makanan Khas Bugis

Makassar-Jika kita berdiskusi tentang kuliner khas Makassar, mungkin sudah tidak asing lagi makanan seperti coto, pallubasa atau pun konro. Namun, kota daeng tidak hanya terkenal dengan makanan utamanya saja. Tapi juga banyak desert atau makanan penutup yang cukup familiar di kalangan pecinta kuliner, salah satunya yaitu kue barongko.

Barongko merupakan makanan khas Bugis-Makassar yang terbuat dari pisang yang dihaluskan, telur, santan, gula pasir, dan garam. Kemudian dibungkus daun pisang lalu dikukus. Jika sudah matang, dimasukkan ke dalam kulkas.

Bahan utama
Pisang raja atau Pisang kepok
Telur
Santan
Gula pasir
Garam

Sekilas kue khas Makassar ini terlihat seperti carang gesing dari Jawa Tengah. Namun pada barongko, buah pisang ikut dilumatkan bersama bahan lainnya sebelum dibungkus daun & dikukus.

Dahulu, Barongko disajikan sebagai hidangan penutup bagi para raja Bugis. Selain itu juga sering disajikan saat acara adat seperti sunatan, akikah, pernikahan, syukuran dan lain sebagainya. Hingga kinipun Barongko masih biasa disajikan saat pesta adat. Selain itu pula, Barongko masih dapat dijumpai ketika bulan Ramadhan sebagai menu untuk berbuka puasa.

Untuk membuat Barongko ini haruslah dikerjakan oleh orang yang sudah berpengalaman. Dengan tujuan untuk mempertahankan kualitas rasa dan kelezatan yang khas dari Barongko. Karena itulah Barongko tidak mudah dijumpai di pasaran.

Reporter Herman | red ndra