BMKG Makassar: Memprediksi Cuaca Hujan Sekitar Wilayah Sulawasi Selatan

Makassar, Sulawasi Selatan– Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Makassar memprediksi perkiraan cuaca hingga 13 Januari 2020, wilayah di pesisir barat Sulsel masih berpeluang terjadinya hujan dengan intensitas sedang sampai lebat yang disertai angin kencang dengan kecepatan mencapai 50 km per jam.

“Sedangkan untuk pesisir timur dan utara umumnya hujan cenderung didominasi dengan intensitas ringan sampai sedang,” kata Prakirawan BMKG Makassar, Esti Kristantri, Minggu 12 Januari 2019.
Untuk hujan lebat yang terjadi beberapa hari ini hingga dua hari kedepan di Sulsel terutama di pesisir barat, karena menguatnya aktivitas angin monsun asia dan juga adanya pertemuan angin dan juga suhu muka laut di sekitar Selat Makassar yang meningkat.

Sehingga menyebabkan potensi pertumbuhan awan konvektif terutama di perairan Selat Makassar sangat tinggi menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang yang akan meliputi wilayah, di Kabupaten Pinrang, Kota Parepare, Kabupaten Barru, Pangkep, Maros, Kota Makassar, Kabupaten Takalar dan Gowa.

“Diwaspadai juga untuk masyarakat yang berada di pesisir utara seperti Kabupaten Luwu Utara dan Luwu Timur, karena kami perkirakan tanggal 14 Januari mendatang potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terjadi,” ujarnya.

Selain itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan waspada bencana banjir di beberapa wilayah di Sulsel yaitu, Kabupaten Pinrang sebagian wilayah, Enrekang, Kota Parepare, sebagian wilayah Sidrap. Soppeng, Bone Bagian Barat, Barru, Pangkep, Maros Makassar, Gowa Takalar. sebagian wilayah Jeneponto, Bantaeng dan Bulukumba.

“Status siaga dan waspada bencana banjir berdasarkan peta berbasis dampak yang dikeluarkan BMKG pusat untuk wilayah sulsel, terutama di pesisir barat berstatus siaga dan waspada,” pungkasnya. (Herman|redpel ndra)