Waspada Covid-19,  Karang taruna Randuang Lumajag semprot cairan desinfektan 2.500 liter

WBN, LUMAJANG, JAWA TIMUR – Merebaknya virus Corona (Covid-19) di kabupaten Lumajang Jawa Timur baik yang statusnya OPD PDP ataupun yang positif terjangkit virus yang dapat mengancam keselamatan jiwa, peran masyarakat, kelompok, pemerintah sangat penting untuk meningkatkan ketangguhan bencana non alam pada masyarakat saat ini yang terus ada peningkatan status.

Sebanyak dua ribu lima ratus (2.500) liter cairan disifiktan di semprotan ke jalan raya, jalan desa dan gang di Randuang kabupaten Lumajang Jawa Timur oleh kelompok Karang taruna “Abunawas” setempat sebagai upaya dini pencegahan penularan virus Corona (Covid-19), gerakan sebelumnya di lakukan himbauan dan pembagian lembaran informasi terkait ciri-ciri umum penderita.

Dikatan Kepala Desa Randuang Achmad Khoiri aksi yang melibatkan stuktur perangkat desa, Babinsa dan Babinkamtibmas untuk menguatkan aksi agar masyarakat merespon dengan penyemprotan mandiri di rumahnya masing-masing,

“Penyemprotan ke blok-blok atau ke dusun-dusun menggugah kesadaran warga”, kata Kepala Desa di jabatan ketiga periode ini di sela pelaksanaan penyemprotan, Selasa (31/03).

Kegiatan ini menurutnya dari empat dusun yang ada banyak warga minta untuk dilakukan penyemprotan di lingkungan tempat tinggalnya, bahkan warga minta rumahnya dilakukan penyemprotan dari empat dusun yang di tempat berdirinya candi Agung.

“Dusun Krajan dusun Langsepan dusun dan dusun Klompangan”, ucap Achmad di dampingi Babinsa Serma Heri, S.

Sementara itu Ketua karang taruna Abunawas desa setempat ustadz Fathul Mukmin mengatakan idea ini terlaksana mulus karena ada dukungan dari pemerintah desa TNI dan Polri, tanpa itu semua anak-anak karang taruna kurang mempunyai power.

Tokoh pemuda ini berharap tidak hanya penyemprotan, namun masyarakat harus peka dan tanggap jika ada orang luar daerah datang ke tempat tinggal warga untuk segera memberi tau dan melakukan pemeriksaan sebagai standar yang harus di taati warga dalam kondisi saat ini.

“Waspada penyebaran Corona lebih besar lagi”, tuturnya di usai acara pelaksanaan kegiatan.

Tokoh pemuda ini tidak menguraikan berapa besar dana yang di keluarkan untuk penyemprotan cair disinfektan dalam kapasitas tandon air ukuran 2.500 liter.  ( Efendi | redpel ndra )