Ritual Penyatuan Tanah dan Air Se-nusantara, Dalam Gentong Nusantara

Presiden RI Joko Widodo memimpin Prosesi Ritual penyatuan tanah dan air, dalam gentong Nusantara dari 34 provinsi di Indonesia di titik nol ibu kota negara (IKN) Nusantara, Senin (14/3/2022).

Kedatangan Presiden RI Joko Widodo beserta Istri di terima Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI, Adji Muhammad Arifin, dan dilakukan prosesi adat tepung tawar dan Ketikai lepas.

“prosesi penyatuan tanah dan air, dalam gentong Nusantara dari 34 provinsi ini menandakan persatuan Indonesia untuk membangun Nusantara. merupakan bentuk dari kebinekaan kita dan persatuan yang kuat di antara kita dalam rangka membangun ibu kota Nusantara ini,” Tegas Jokowi

Presiden berterima kasih kepada gubernur 34 provinsi yang hadir dan 15 tokoh masyarakat dari Kalimantan Timur yang turut serta dalam prosesi penyatuan tanah dan air ini.

 

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kerja kali ini antara lain Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe. Ia berharap pembangunan IKN Nusantara ke depan dapat berjalan dengan lancar.

 

“Kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI, Polri, swasta, dan seluruh masyarakat dalam mendukung pembangunan ibu kota negara ini akan sangat membantu agar apa yang kita cita-citakan ini bisa segera terwujud,” ucap presiden.

Adapun prosesi penyatuan tanah dan air di titik nol IKN Nusantara diikuti oleh gubernur dari semua provinsi di Indonesia. Setiap gubernur secara bergiliran menyerahkan tanah dan air dalam wadahnya masing-masing kepada Presiden Jokowi. Oleh Jokowi, tanah dan air itu lantas dituangkan dalam kendi besar yang dinamakan Kendi Nusantara.(ndra)

 

Share It.....