Gemulai Kelambu Awan Mataloko Flores

WBN Mataloko merupakan salah Satu Kelurahan yang ada di Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Kelurahan ini merupakan satu dari puluhan Desa dan Kelurahan yang berada di Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada. Kelurahan ini memiliki kodepos 86461.

Kelurahan Mataloko memiliki jumlah penduduknya sebagian besar bersuku Daerah Flores, terus berkembang dengan campuran warga pendatang dari berbagai daerah termasuk suku Jawa dan beberapa asal Padang.

Sebagian besar penduduknya menganut Agama Katolik. Dalam radius inilah PLTB Mataloko berada, atau yang viral dikenal dengan julukan Luapan Lumpur Panas Gas Belerang PLTB Mataloko.

Mataloko adalah salahsatu wilayah bernuansa religius, daerah Misi Katolik diapiti sejumlah Sekolah Seminari Katolik, SMP Susteran serta Gereja tua Paroki Roh Kudus Mataloko yang memasuki usia Satu Abad. Tidak jauh dari Mataloko terdapat juga Kampus Universitas Citra Bakti Ngada.

Mataloko cukup terkenal dengan sebutan Kota Kabut, tanah yang cukup subur untuk dunia pertanian.

Selainitu, Mataloko merupakan salah satu wiilayah di Kabupaten Ngada Flores dengan curah hujannya yang tinggi per tahun jika dibandingkan dengan daerah lain di Kabupaten Ngada.

Simak Tayangan Warisan Budaya Nusantara. Laporan Reporter Aurelius Do’o.

WBN │Cameraman Kevin Kevin Lando Do’o│Rep-Red NTT Aurel Do’o│Redpel WBN Nasional-Indra