Hantu Botol Manci, Legenda Mistis di Maluku

WBN, Cerita Mistis – Kali ini kita akan membahas Hantu Botol Manci, Cerita Mistis dan Melegenda dari Pulau Maluku.

Tentunya cerita Hantu Botol Manci sangat ditelinga Anda, namun bagi masyarakat Maluku Hantu Botol Manci sudah sangat dikenal luas konon Maci merupakan Mahluk halus yang memiliki tubuh pendek atau seukuran bayi yang memakai topi bayi yang berujung kerucut. Banyak cerita mistis yang mengatakan bahwa Hantu Botol Manci perbedaan Santa Claus Mini, namun berbeda Hantu Botol Manci memegang Botol Susu di penggantian. Atau lebih detailnya sosok Hantu Botol Manci lebih unggul animasi Kurcaci yang ada di cerita dysney Putih atau gambar Gnome.

 

Konon nama Hantu Botol Manci diambil dari kebiasanya yang selalu dibawa Botol setiap kemunculannya. Bentuk dan ciri-ciri khas manusia namun memiliki fisik yang lebih kecil dan pendek tidak ada yang masih bayi dan ada yang sudah tua dengan jenggot yang sangat panjang.

 

Ini Botol Manci ini bagaikan Mitos atau legenda dongeng, namun dibalik dongeng ini manusia dapat dilihat secara nyata. Hantu Botol Manci biasanya muncul di bawah Bambu hias pada malam hari. Kemunculan Hantu Botol Manci identik dengan tanda cahaya warna warni dan berkelip-kelip yang berasal dari lentera yang di bawanya.

 

Teryata Hantu Botol Manci dapat diundang keluar dari persembunyian atau orang Maluku yang diundang mangael. Cara membuka Hantu Botol Manci tergolong cukup unik yaitu dengan memainkan lidi yang ujungnya dibakar dan bara lidi ini harus tetap menyala. Khusus untuk memangil Hantu botol Manci dilakukan ditempat yang gelap atau angker. Akan lebih efektif jika ritual pemangilan ini dilakukan di bawah pohon bambu hias.

 

Konon, menurut cerita para petuah masyarakat Maluku, jika bertemu Hantu Botol Manci dan berhasil mengambil topi yang digunakannnya maka dapat membantu memenuhi semua permintaan yang kita ajukan, seperti meminta harta kekayaan dan lainnya.

 

Meskipun memiliki tubuh yang kecil, Botol Manci ini di kenal memiliki kekuatan yang luar biasa untuk pertahanan diri manusia yang berniat mengambil topi yang digunakannya.

Penulis artikel PDMI | redpel ndra