Kodim 0612 Tasikmalaya Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam

WBN, Kota Tasikmalaya –  Kodim 0612 Tasikmalaya gelar apel kesiapsiagaan tanggal 23 Oktober 2020 dalam rangka penanggulangan bencana alam di wilayah Kodim 0612/Tasikmalaya, di Lapangan Makodim 0612 Tasikmalaya Jalan Otto Iskandardinata No. 11 Tasikmalaya. Turut hadir perwakilan dari Pemkab Tasikmalaya, Kapolres, brigif, Kepala BPBD, dan peserta apel yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Tagana.

Komandan Kodim Letkol. Inf. Ary Sutrisno, S.ip pimpin langsung upacara gelar apel kesiapsiagaan bencana alam, dalam sambutannya beliau menjelaskan kalau pihak kodim bekerja sama dengan pihak BPBD kabupaten maupun kota Tasikmalaya serta dengan stacholder lainnya berusaha mengsinergikan dalam rangka kesiapan penanganan bencana yang terjadi di wilayah tasikmalaya, serta memberikan arahan kepada seluruh peserta apel supaya ketika cuaca sedang ekstrim seperti sekarang dapat bersama-sama menangani dan menanggulangi bencana dengan cepat dan tepat serta terus mensosialisasikan cara penanganan bencana kepada masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana.

“Kita bekerja sama dengan seluruh satuan yang ada di wilayah tasikmalaya karena disini ada satuan polres, Lanud, brigif, subdenpom, dishub, satpol pp,BPBD, serta basarnas, dan diharapkan untuk bersinergi karena penanganan bencana merupakan tanggung jawab kita semua dan memerlukan kerja sama semua pihak dengan leading sektor BPBD di wilayah”. Tegasnya

Letkol. Inf. Ary Sutrisno, S.ip juga menjelaskan kalau wilayah kabupaten tasikmalaya seluruh titik lokasi bencana sudah ada dan masih dalam pendataan karena 2 minggu kemarin ada beberapa daerah yang tidak pernah banjir sekarang menjadi banjir karena curah hujan yang cukup tinggi beberapa hari dan kami berusaha mendorong semua sektor yang ada untuk segera memetakan wilayah rawan bencana baik itu di wilayah kota maupun kabupaten tasikmalaya supaya mendapatkan perhatian yang khusus. Jelasnya

“seluruh data bencana sudah ada tinggal kita memanage sumber daya manusia maupun material yang ada serta menempatkan di titik mana penempatan peralatan yang diperlukan supaya penanganan bisa lebih cepat dan tepat.

Iwan Hendriawan, S.Ip | redpel ndra