Kasie Disporyata Kota Depok, Tinjau Tempat Latihan Kesenian yang Melegenda ‘Gong Si Bolong’

WBN, Kota Depok – Kesenian legenda Gong Si Bolong hingga saat ini namanya masih melegenda di hati masyarakat Kota Depok.” Siapa sih yang ga kenal dengan Kesenian khas Gong Si Bolong ini ? ” ungkap kasie Disporyata Kota Depok Ahmad Fadillah ketika meninjau tempat latihan kesenian legenda Gong Si Bolong bersama dengan Tim Cagar Budaya Kota Depok Junaedi di Apira Center Tanahbaru Depok, senin ( 2/4 ).

Dalam sambutannya Ahmad Fadilla juga mengatakan ” sangat terharu akan kharismatik dari Gong Si Bolong dan sangat mengapresiasikan regenerasi/penerus dari kesenian Gong Si Bolong yang masih peduli akan kesenian gamelan ini.Kesenian gamelan Gong Si Bolong ini sangat identik Depok dan Sundanya.Gong Si Bolong juga merupakan Icon kesenian khas kota Depok dan milik masyarakat Kota Depok selain Tanahbaru, ” pungkasnya.

” Kesenian gamelan Gong Si Bolong ini juga sudah tercatat sebagai salah satu warisan tak benda yang artinya memang sudah di akui bahwa Gong Si Bolong ini sebuah karya nyata budaya khas Kota Depok, ada wujudnya, dan dari 23 motif batik yang ada di Kota Depok salah satunya adalah motif Gong Si Bolong ini .Gong Si Bolong juga sudah melalang buana tampil di berbagai even dan Festifal di berbagai daerah dan membawa nama harum Kota Depok dengan menjuari salah satu Festifal kesenian di Kota Bandung Jawa Barat, sebagai Juara 1 kesenian gamelan terbaik, ” ungkapnya.

” Harapannya kesenian ini bisa tetap berkesinambungan dan tetap exis, karena semakin ke depan tantangannya akan semakin sulit dgn masuknya budaya dari luar.Dan dengan di adakannya kegiatan latihan ini Disporyata bisa membantu dan memfasilitasi dari Kesenian Gamelan Gong Si Bolong ini, dan ke depannya Disporyata Kota Depok akan berusaha untuk mengikutsertakan kesenian Gong Si Bolong ini di berbagai even baik di Kota Depok maupun di liat daerah, ” pungkasnya.

Ketua Sanggar Gong Si Bolong Haji Sari mengatakan sangat berterima kasih atas kehadiran dari Kasie Disporyata Kota Depok Ahmad Fadillah di tempat latihan karena dengan begitu akan menambah semangat penerus/regenerasi dari pemain dari kesenian gamelan Gong Si Bolong ini, berhubung pemain panjaknya sudah berumur dan jika tidak di teruskan ke regenerasi akan punah dan tinggal nama saja. Haji Sari juga sangat berterimakasih kepada Haji Adih karena sudah menyediakan tempat latihan di Apira Center ini dan Supandi sebagai Sejarahwan, Budayawan yang memotivasi agar Kesenian ini tetap exsis.

” Disporyata Kota Depok juga ke depannya dapat membantu dan memfasilitasi kesenian gamelan Gong Si Bolong ini. ” pungkasnya.

Junaedi, mewakili Tim Cagar Budaya Kota Depok menambahkan kehadiran Kasie Disporyata Ahmad Fadillah dan dirinya adalah sebagai upaya untuk melihat langsung kegiatan latihan kesenian Gong Si Bolong ini, dan untuk memajukan serta membawa misi kebudayaan. di Kota Depok.Mudah-mudahan dengan kedatangan Ahmad Fadillah ini bisa menambah semangat regenerasi dari Gong Si Bolong . “Dengan seni kita bangkit, dengan seni kita bisa berkumpul dan bersilaturahmi, ” pungkasnya.

Haji Nisan Kusnadi sebagai penasehat Sanggar Gong Si Bolong menambahkan dengan kehadiran Kasie Disporyata Ahmad Fadillah dan Tim Cagar Budaya Kota Depok Junaedi ini, harapan ke depannya semangat para regenerasi bisa lebih bertambah rajin untuk datang ke tempat latihan dan menjaga serta melestarikan kesenian khas Gong Si Bolong ini lebih maju dan tetap exis agar tidak punah tergerus zaman yang semakin canggih dan moderen, ” imbuhnya.

Reporter Lismi asih | redpel ndra