Pemkot Jakut Gelar Rapat Evaluasi Pengelolaan Sampah

 

WBN l Jakarta Utara  – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara melaksanakan rapat evaluasi pemilahan dan pengankutan sampah terjadwal di Ruang VIP Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Kamis (17/6). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi dengan masyarakat dalam pengelolaan sampah.

Kasubbag Lingkungan Hidup dan Ruang Terbuka Hijau Sudin PKLH Kota Administrasi Jakarta Utara, Imam Prakoso, mengatakan evaluasi ini untuk saling mengingatkan, agar semua kembali mengingat akan tanggung jawab yang dimiliki.
“Untuk saling mendukung dan menyiapkan dalam pelaksanaan pemilahan dan pengangkulan sampah,” katanya.

Imam menerangkan semua pihak harus berperan aktif dalam kegiatan pengelolaan sampah di lingkungan sekitarnya.
“Selain melakukan sosialisasi, para camat dan lurah untuk melakukan pendampingan, pembinaan, pengawasan, dan pengendalian kepada warganya untuk mulai melaksanakan pemilahan sampah sesual jenis sampahnya. Untuk dukungan sarana dan prasarana bisa dikolaborasikan penyediaannya, yang nantinya digunakan sebagai tempat sampah terpilah,” ucapnya.

Sementara Itu Kasi Peran Serta Masyarakat dan Penaatan Hukum Sudin LH Kota Administrasi Jakarta Utara, Herry Permana Putra, mengatakan diperlukan pengawasan terhadap kinerja dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi bidang Pengelolaan Sampah lingkup RW.
“Memastikan seluruh warga berperan aktif dalam kegiatan bidang pengelolaan sampah lingkup RW, tujuannya untuk mendorong partisipasi aktif warga dalam pelaksanaan pemilahan dan pengangkutan sampah,” katanya.

Herry berharap dengan terpilahnya sampah dari sumber akan mempermudah petugas saat pengangkutan.
“Nantinya metode pengumpulan-pengumpulan didasarkan atas jenis sampah. Pada saat pengumpulan, sampah yang sudah terpilah tidak diperkenankan dicampur kembali termasuk dengan pengaturan jadwal pengangkutan, sesuai dengan jenis sampah terpilah dan sumber sampah tersebut,” tuturnya. Rept l Biro Jakut l

Share It.....