Tingkatkan Cakupan Vaksinasi, Tiga Rusun Di Wilayah Cilincing Difungsikan Sebagai Posko Serbuan Vaksinasi COVID-19

 

WBN l Jakarta Utara  – Untuk meningkatkan cakupan vaksinasi COVID-19 dengan sasaran yang besar di wilayah Kecamatan Cilincing dan tercapainya herd imunity 60-90% dalam rangka penanganan pandemi COVID-19. Sejumlah area rumah susun (rusun) difungsikan sebagai Posko Serbuan Vaksinasi COVID-19 seperti Rusun Marunda, Rorotan dan Semper Barat.

Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing, dr. Dian Anggrainy menjelaskan, kegiatan serbuan vaksinasi COVID-19 di tiga lokasi rusun akan berlangsung secara bertahap hingga semua target tercapai. “Untuk pelaksanaan vaksinasi di Rusun Rorotan dan Rusun Semper Barat akan berlangsung besok,” ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (17/6).

Program percepatan vaksinasi akan semakin digencarkan di wilayah Kecamatan Cilincing untuk menekan risiko penularan COVID-19. Berdasarkan data sementara capaian vaksinasi COVID-19 yang diterima dari Puskesmas Kecamatan Cilincing sebagai berikut, untuk masyarakat umum dan rentan yang sudah divaksinasi mencapai 18.389 orang dan warga lansia sebanyak 16.997 orang.

Sedangkan jumlah warga yang berhasil divaksinasi di Posko Serbuan Vaksinasi COVID-19, Rusun Marunda sebanyak 711 orang. “Hari ini, kami menurunkan tiga tim puskesmas dengan personil 18 tenaga kesehatan dan juga dibantu oleh empat tim dari unsur TNI. Alhamdulillah, kegiatan serbuan vaksinasi di Rusun Marunda yang melibatkan unsur tiga pilar yaitu Kecamatan, Kelurahan, TNI, POLRI dan berkoordinasi dengan UPRS Rusun Marunda bisa berjalan lancar. Warga juga terlihat sangat antusias untuk ikut vaksinasi karena difasilitasi di dekat tempat tinggalnya,” terang dr. Dian.

Ia menyatakan, pelaksanaan vaksinasi dengan mengambil lokasi di rusun tergolong sangat tepat karena merupakan permukiman yang terpusat dalam jangkauan daerah yang tidak terlalu luas dan jumlah penduduknya cukup banyak. Dengan begitu akan mendapatkan banyak target yang divaksinasi. “Untuk penyuntikan vaksin dosis kedua akan dilakukan dua belas minggu kedepan,” tambahnya. Rept l Biro Jakut l

Bagikan Info ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •