Kolaborasi Puskesmas Eilogo Dengan Pemerintah Kecamatan Liae Sukseskan Vaksinasi Massal

WBN, NTT – Puskesmas Eilogo yang berkerja sama dengan pemerintah Kecamatan Sabu liae melakukan vaksinasi massal bagi masyarakat di Kecamatan Sabu Liae, Kabupaten Sabu Raijua ,Propinsi NTT pada senin (30/8/2021) di aula Bumdes Kota Hawu.

Kegiatan vaksinasi massal tersebut dihadiri oleh Plt. Camat Sabu Liae, Kepala Puskesmas Eilogo , Kepala Desa Kota Hawu beserta seluruh perangkat desa dan masyarakat .

Plt. Camat Sabu Liae , Yohanes Gala Beding, S.Ip dalam arahanya mengatakan bahwa Program vaksinasi Covid-19 massal ini merupakan program pemerintah yang perlu didukung oleh seluruh elemen dan masih berlangsung hingga saat ini termasuk di Kabupaten Sabu Raijua khususnya di Kecamatan Sabu Liae.

“Ini program pemerintah yang perlu didukung oleh kita semua dan masih berlangsung diseluruh Indonesia termasuk di Sabu Raijua terlebih kusus di Kecamatan Sabu Liae” ujarnya

Ia menerangkan Keberlanjutan program vaksinasi ini menjadi kabar baik di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir sehingga ia mengajak masyarakat agar tidak perlu khawatir tentang vaksinasi Covid-19 karena pemerintah telah menjamin vaksin yang kini diberikan kepada masyarakat aman dan juga dapat memberikan banyak manfaat.

“Program vaksinasi seperti ini merupakan kabar baik bagi kita semua ditengah pandemi covid 19 yang belom berakhir, oleh karena itu, saya mengajak bapa mama agar tidak perlu kuwatir tentang vaksinasi covid 19 karna pemerintah telah menjamain vaksinin ini aman dan memeiliki manfaat bagi kita semua” imbaunya

Akhir kata , serjanah ilmu pemerintahan itu menyampaikan terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan di puskesmas Eilogo yang telah berkolaborasi dengan pemerintah Kecamatan Sabu Liae dalam mensukseskan kegiatan vaksinasi massal di Wilayah kerjanya.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Bapa Kapus dan teman-teman nakes yang telah bersama-sama mendukung dan mesukseskan program vaksinasi covid 19 di Kecamatan Sabu Liae”turup Yono sapaan akrab Yohanes

Sementara Kepala puskesmas Eilogo, Lisias Hae, S.KM menyampaikan bahwa Vaksinasi Covid-19 akan mengurangi dampak yang ditimbulkan jika kita tertular Covid-19 serta mencegah virus corona menyebar dan bereplikasi, yang memungkinkannya bermutasi dan mungkin menjadi lebih kebal terhadap vaksin.

Terpisah Promotor Kesehatan Masyarakat A Anton Beke, S.KM menjelaskan lebih terperinci bahwa Vaksinasi adalah proses di dalam tubuh, di mana seseorang menjadi kebal atau terlindungi dari suatu penyakit, sehingga apabila suatu saat terpajan dengan penyakit tersebut, maka tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan. Vaksinasi terjadi biasanya dengan pemberian vaksin.

Sebagaimana manfaat dari vaksin lainnya, vaksin Covid-19 bermanfaat untuk memberi perlindungan tubuh agar tidak jatuh sakit akibat Covid-19 dengan cara menimbulkan atau menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh.
Oleh sebab itu, meski sudah divaksin Covid-19, kita direkomendasikan tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes), yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak untuk mencegah penularan virus corona

Ia juga merinci jadwal vaksinasi di Kecamatan Sabu Liae Sebagai berikut :

Hari 1. Senin, 30 Agustus 2021 di gedung Badan Usaha Milik Desa Kota Hawu, pelaksanaan pukul 09.00 Wita s.d pukul 13.00 wita. Dengan target sasaran 56 perdesa (Desa Kotahawu dan Desa Ledatalo).
Warga yang datang untuk ikut vaksinasi dari desa Kotahawu 50 orang dan dari desa Letetalo 5 orang, 1 orang dari desa Mehona. Jumlah 56 Orang. (4 vial vaksin moderna).

Hari ke 2 : Selasa, 31 Agustus 2021. tempat Puskesmas Eilogo dengan sasaran 56 (Desa Halapadji dan Desa Eilogo)

Hari Ke 3 : Rabu, 1 September 2021 bertempat di Kantor Desa Deme dengan sasaran warga desa Deme dan warga desa Ledetalo dusun 3 (56 target)

Hari ke 4 ; Kamis, 2 September 2021 bertempat di Gereja Siloam Raerobo dengan target sasaran warga dess Raerobo, desa Dainao dan Desa Eikare ( 56 orang perdesa)

Hari ke 5 ; Jumat, 3 September 2021 bertempat di kantor desa Ledeke dengan sasaran warga ledeke dan warga desa loborui.

Hari ke 6 : Sabtu, 4 September 2021 pukul 09.00 wita s.d selesai dilaksanakan di Gedung PAUD Desa Mehona dgn sasaran warga desa Mehona dan Desa Waduwalla.

Sedangkan Sasaran dan Ketentuan adalah warga desa yang berumur 18 tahun ke atas, membawa KTP dan atau Kartu Keluarga.

Ama sala seorang peserta Vaksinasi, mengucapkan terima kasih kepada petugas vaksinasi dan aparat pemerintahan Kecamatan Sabu Liae dan desa atas program vaksinasi yang telah ia terima secara gratis

*Mewakili teman-teman yang hari ini divaksin saya menyampaikan terima kasih kepada bapa Kepala puskesmas bersaa petugas vaksinasi dan kepada Bapa Camat beserta staf dan juga kepada Bapa Desa yang haru ini telah melayani kami “ucapnya .JHF

Share It.....