Wisata Djatiroto Park Tawarkan Edukasi Sejarah

Warisan budaya Nusantara, Lokasi wisata di kabupaten Lumajang Jawa Timur berada di area PTPN XI Pabrik Gula (PG) Djatiroto salah satu tujuan liburan hari raya Idul Fitri yang mudah di jangkau dari akses jalan nasional dari Surabaya ke Jember sebaliknya, minggu (09/06).

Djatiroto park menjadi salah tujuan libur hari raya Idul Fitri 1440 H di kabupaten Lumajang Jawa Timur, pengunjung yang terus peningkat sampai hari ke tiga lebaran tidak hanya bisa menikmati pemandian namun bisa bernostalgia melihat kereta api tua sederetan bangunan jaman Belanda dan pabrik gula yang saat ini dalam tahap perbaikan menuju peningkatan kapasitas produksi.

Humas pabrik gula Djatiroto Apit Eko Prihantono melalui bagian keuangan pabrik gula Djatiroto Badrus menyampaikan hari raya ini dapat meningkatkan kunjungan dari tahun sebelumnya, mengingat betapa fasilitas sudah ada perbaikan untuk memanjakan pengunjung betah berlama-lama di Djatiroto. Pendatang ke Djatiroto park tidak hanya bisa mandi di kolam yang tersedia tapi mereka bisa memperoleh ilmu atau pengetahuan sejarah dan juga ada lokasi pembibitan tebu untuk menambah wawasan pengetahuan.

Kata Badrus pengelola wisata telah maksimal bisa memberikan kesan terbaik agar informasi objek wisata yang tidak hanya menawarkan pemandian saja bisa di ketahui cepat ketika pengunjung balik lebaran ke tempat aktivitasnya di wilayah lain.

Ahmad Zaki salah satu pengunjung dari luar kabupaten menyampaikan lokasi wisata yang nyaman seperti ini (Djatiroto park) tidak hanya bisa mandi tapi yang suka berfoto-foto bayak bangunan tua jaman Belanda bisa jadi objek wisata untuk ber selfy, selain itu bagian selatan dari lokasi pemandian adanya tempat pembibitan dan hamparan ratusan hektar tebu yang siap terbang menjadi objek jadi salah satu lokasi mengabadikan momentum berlebaran di perbatasan Lumajang dengan kabupaten Jember.

“Fotonya ini ya bisa di shere baik menggunakan medsos atau WhatsApp dan lainya untuk mengabarkan pada taman-taman di mana saya hari ini liburan,” kata Zaki yang sibuk selfy dengan background bangunan rumah tua sekitar pabrik.

penulis Efendi
Red-wbn Hs