35 views

Taman Wisata Botani Sukorambi Wahana Baru Beri Makan Rusa

Jember, Jawa Timur – Berjarak 10 menit dari pusat kota Jember, Jawa Timur, Taman Botani Sukorambi, sajikan wahana baru menjelang libur lebaran Idul Fitri 1440 H/2019 ini.

Menurut Manager Sales Marketing Taman Botani Sukorambi, Alvina Citra kepada sejumlah media, mengatakan kalau wahana baru ini diperuntukan bagi segala jenis umur.


“Hiburan wahana baru ini adalah memberi makan rusa,” kata Vina panghilan akrabnya kepada sejumlah wartawan tadi.

Selain itu, kata Vina, sebelumnya juga ada wahana baru juga yaitu memberi makan burung dan kura-kura, yang arealnya tidak jauh dari wahana rusa tersebut.

“Kami juga telah memberikan warna baru dari payung-payung yang ada, agar liburan lebaran ini lebih ceria dan fresh,” ungkapnya lagi.

Kata Vina, Taman Botani Sukorambi ini hanya tutup pada saat sholat Idul Fitri saja. Dan pada hari selanjutnya akan buka seperti biasanya.

“Harga tiket juga masih normal seperti biasa, untuk week day Rp. 12 ribu dan week end Rp. 20 ribu per orang. Dan untuk anak umur 3 tahun atau tinggi minimal 90 cm diwajibkan beli tiket juga,” jelasnya.


Sedikit menceritakan awal adanya Taman Botani Sukorambi ini, yaitu berawal dari latar belakang H. Abdul Kahar Muzakir sebagai orang  pertanian/perkebunan dengan bermodalkan dana pensiunan yang terbatas, dan berkeinginan untuk mempertahankan kesibukan dengan cara membeli tanah di lokasi Sukorambi. Tanah dibeli bertahap dari luasan yang kecil hingga berkembang sampai saat ini. Tanah awal tersebut dimanfaatkan untuk membuat tambak kecil-kecilan. Selanjutnya areal semakin bertambah luas dan dimanfaatkan untuk  menanam berbagai jenis bunga, buah-buahan, sayur-sayuran maupun tanaman obat.

Koleksi tanaman semakin bertambah dengan tanaman berasal dari luar daerah sampai luar negeri.

H. Abdul Kahar Muzakir kemudian menciptakan tempat rekreasi yang alami sebagai alternatif pilihan tempat rekreasi bagi masyarakat Jember dan sekitarnya.

Diharapkan juga dapat membantu dalam menyediakan sarana belajar tentang alam, serta membantu pemerintah dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan lingkungan, tanaman dan binatang. 

Taman rekreasi itu diberi nama Taman Botani Sukorambi dimana merupakan taman wisata alam terdekat dari kota Jember, dengan konsep rekreasi sambil belajar dengan luas sekitar 12 hektar, menyajikan aneka ragam koleksi tanaman, hewan, permainan dan wahana-wahana yang dapat dinikmati oleh pengunjung dari segala umur.

Penulis Fuad
Red-Wbn Hs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *